Begini Kepemimpinan yang Pancasialis

Dimas Prasetyaning    •    Sabtu, 16 May 2015 23:45 WIB
mpr ads
Begini Kepemimpinan yang Pancasialis

Metrotvnews.com, Jakarta: Sosialiasi empat pilar kebangsaan selama ini banyak menyasar pelajar setingkat SMA. Bukan berarti warga yang berusia dewasa tidak perlu memahami dan menerapkan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD '45, Bhineka Tunggal Ika serta NKRI dalam kehidupannya.

Justru kalangan dewasa yang sangat perlu memahaminya, sebab saat ini merekalah yang menjadi penggerak bangsa. Warga usia produktif saat ini duduk dalam jajaran pengambil keputusan bisnis dan pemerintahan negara yang sangat menentukan arah pembangunan, kesejahteraan rakyat dan martabat bangsa.

"Generasi muda Indonesia di era globalisasi ini membutuhkan pemahaman serta implementasi dari kepemimpinan Pancasila," kata Ketua MPR Zulkifli Hasan dalam peringatan milad ke-15 ESQ di Menara 165, Jakarta, Sabtu (16/5/2015) malam.  

Pemuda Indonesia harus cermat dalam memilih dan menilai kepemimpinan. Yang dibutuhkan Indonesia adalah kepemimpinan Pancasila adalah sikap memimpin yang dijiwai nilai-nilai luhur Pancasila. Artinya, mewujudkan keutamaan nilai-nilai Pancasila dalam kepemimpinan.

Nilai-nilai itu adalah pertama, kepemimpinan berketuhanan. "Yaitu kepemimpinan yang menjunjung tinggi dan menghormati norma religi seraya memberi perlindungan, kemerdekaan beragama dan kebebasan untuk beribadah kepada orang lain tanpa paksaan dan intimidasi," katanya.

Kedua, kepemipinan berperikemanusiaan. Ketiga, kepemimpinan berkesatuan. Keempat, kepemimpinan bermusyawarah. Dan kelima, kepemimpinan berkeadilan.

Milad ke 15 ESQ dihadiri para tokoh di antaranya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Yuddi Chrisnandi, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Ketua DPD Irman Gusman.

 


(LHE)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

8 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA