KPK Siap Limpahkan Kasus EKTP ke Kejaksaan

Cahya Mulyana    •    Minggu, 17 May 2015 10:42 WIB
kasus korupsi
KPK Siap Limpahkan Kasus EKTP ke Kejaksaan
Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji dan Johan Budi SP----Ant/Akbar Gumay

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap melimpahkan kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP ke Kejaksaan Agung. Asalkan, Kejagung membuat kesepakatan terlebih dahulu dengan KPK.

"KPK sedang menangani kasus e-KTP, dan menurut UU (Undang-Undang nomor 30/2002 tentang KPK) memang akan dilakukan koordinasi antara kedua lembaga (KPK dengan Kejaksaan Agung)," ujar Plt Pimpinan KPK Indriyanto Seno Adji saat dihubungi, kemarin.

Sejauh ini, KPK tengah menangani dugaan korupsi dalam pengadaan paket penerapan kartu tanda penduduk berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP Elektronik) Tahun 2011–2012 pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. KPK sudah menetapkan Sugiharto selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek tersebut.

Namun jika Kejaksaan Agung ingin mengambil alih perkara korupsi dengan anggaran proyek sebesar Rp6 triliun dan telah merugikan negara sekitar Rp1,1 triliun, KPK bisa menyerahkannya. Meskipun, KPK sudah menyidik kasus ini sejak 22 April 2014.

"Tapi (ketentuan KPK berhak menangani perkara ini karena lebih dulu melakukan proses hukum), itu masalah teknis administratif saja dan (perkara ini bisa dilimpahkan) kita lakukan antarlembaga penegak hukum," jelas Indriyanto.


(TII)

KPK Periksa Adik Andi Narogong

KPK Periksa Adik Andi Narogong

59 minutes Ago

Vidi akan diperiksa untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo.

BERITA LAINNYA