NASA: Lapisan Es Antartika akan Menghilang Dalam 10 Tahun

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 17 May 2015 11:00 WIB
peristiwa
NASA: Lapisan Es Antartika akan Menghilang Dalam 10 Tahun
Dalam 10 tahun lapisan es Antartika diperkirakan akan menghilang (foto: TweakTown)

Metrotvnews.com: Kita semua tahu bahwa efek pemanasan global memang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Namun seringkali kita bertanya, seberapa parahkah efek pemanasan global saat ini? Jawabannya adalah sangat parah. Jet Propulsion Laboratory (JPL) di NASA baru-baru ini mengungkapkan bahwa lapisan es di Antartika dapat menghilang hanya dalam kurun waktu 10 tahun.

Menurut penelitian JPL, lapisan es dapat menghilang dengan cepat karena bumi sedang dalam kondisi krisis pemanasan global. Pemanasan global dipicu oleh efek rumah kaca yang sebagian besar ditimbulkan dari gas emisi pembuangan dari kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat planet bumi semakin memanas dan akhirnya melelehkan lapisan es di Antartika.

JPL juga mengungkapkan bahwa setelah lapisan es tersebut menghilang dalam waktu 10 tahun, lapisan es raksasa yang bernama Larsen B Ice Shelf akan mencair dengan sangat cepat. Jika dibiarkan, permukaan laut akan mengalami peningkatan ketinggian dan akan berdampak buruk bagi manusia.

Menurut salah satu peneliti di JPL, Ala Khazendar, meskipun peristiwa ini sangat langka dan menarik dari segi ilmu pengetahuan, tidak bisa disangkal bahwa planet bumi sedang dalam bahaya besar karena lapisan es tersebut telah hadir di bumi sejak lebih dari 10 ribu tahun yang lalu. (TweakTown)


(ABE)