Yayasan GK Center Gelar Ruwatan Negeri

Nia Deviyana    •    Minggu, 17 May 2015 11:26 WIB
kultur
Yayasan GK Center Gelar Ruwatan Negeri
Acara Ruwatan Negeri di TMII (Foto:Metrotvnews.com/Nia Deviyana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, seseorang yang memiliki banyak dosa harus diruwat atau melakukan ruwatan untuk menyucikan diri. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kesialan.

Mengambil inspirasi dari budaya tersebut, Yayasan Galang Kemajuan (GK) Center bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup menggelar acara Ruwatan Negeri bertema Kearifan Lokal: Budaya Menjaga Lingkungan, di pelataran Candi Bentar, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (15/5/2015).

Pada acara tersebut, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, ruwatan merupakan budaya yang memiliki pesan terhadap manusia untuk rajin berdoa, sekaligus menjadi ajang perenungan mengingat banyak sekali tindakan-tindakan yang menjurus pada perusakan alam akhir-akhir ini.

"Saya sedari kecil sudah diajari berdoa oleh nenek. Nanti dalam prosesi ruwatan juga akan ada doa-doa untuk lingkungan hidup lebih baik," terang Siti Nurbaya.

Tema kearifan lokal menjadi hal yang berkaitan erat dengan banyak hal. Misalnya, untuk konservasi alam, pengembangan sumber daya manusia, peningkatan pertanian, dan memperkuat moral masyarakat.

Rangkaian acara Ruwatan Negeri dimulai dengan pembukaan pameran Taman Nasional, pemberian penghargaan lingkungan hidup, sesi curhat siswa-siswi SMA kepada Siti Nurbaya seputar lingkungan hidup.

Acara ruwatan itu ditandai doa bersama para tokoh agama, kemudian diakhiri pertunjukan wayang kulit pimpinan Ki Dalang Sukandi Mbedol.


(ROS)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

1 hour Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA