Vortex, Turbin Listrik Bertenaga Angin Tanpa Kincir Pertama di Dunia

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 17 May 2015 12:18 WIB
teknologi
Vortex, Turbin Listrik Bertenaga Angin Tanpa Kincir Pertama di Dunia
Vortex memiliki bentuk seperti tiang listrik (gambar: Ubergizmo)

Metrotvnews.com: Berbicara mengenai pembangkit listrik tenaga angin, sudah pasti dalam pikiran kita adalah pembangkit listrik dengan turbin yang berbentuk seperti kincir angin. Kincir angin adalah bentuk desain penggerak angin tradisional yang memang masih ampuh untuk digunakan sebagai penggerak dari turbin listrik dengan memanfaatkan kekuatan angin.

Meskipun demikian, perkembangan teknologi membuat desain baru untuk turbin listrik bertenaga angin bermunculan, salah satunya adalah vortex. Vortex merupakan sebuah turbin listrik bertenaga angin yang tidak memiliki kincir layaknya kincir angin atau turbin listrik bertenaga angin pada umumnya.

Turbin listrik bertenaga angin yang dibuat oleh sebuah perusahaan asal Spanyol tersebut memiliki bentuk layaknya tiang listrik, yaitu silinder panjang. Tidak seperti kincir angin yang memanfaatkan energi kinetik angin, Vortex memanfaatkan gaya vortisitas pada angin untuk menggerakan turbinnya. Gaya vortisitas tersebut nantinya akan dibuah oleh Vortex menjadi sebuah efek aerodinamik yang akan membuat Vortex berputar dan dapat menggerakan turbin.

Menurut para penciptanya, yaitu David Suriol, David Yanez, dan Raul Ingeniero, Vortex memiliki banyak kelebihan dibandingkan kincir angin tradisional. Ia lebih tidak memakan tempat, dan tidak memerlukan biaya besar untuk merawatnya, sehingga diharapkan dapat menghasilkan energi bersih dan murah. (Ubergizmo)


(ABE)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

1 hour Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA