Roket Rusia Gagal Meluncur, Hancurkan Satelit USD1,6 Milyar

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 17 May 2015 12:54 WIB
peristiwa
Roket Rusia Gagal Meluncur, Hancurkan Satelit USD1,6 Milyar
Roket Proton dilaporkan gagal meluncur hari ini (foto: SlashGear)

Metrotvnews.com: Roket milik Rusia dilaporkan mengalami kegagalan peluncuran beberapa menit setelah peluncurannya dekat Baikonur Cosmodrome, Kazahstan.

Insiden tersebut memang tidak memakan korban jiwa, tetapi menghancurkan satelit milik kementrian komunikasi dan transportasi Meksiko yang dibuat oleh Boeing seharga USD1,6 milyar. Roket bernama Proton tersebut diluncurkan pada pukul 11:47 waktu setempat, dan tiba-tiba berhenti lalu menukik ke daratan delapan menit kemudian.

Melalui International Launch Services (ILS), pembuat roket yang juga menangani peluncuran tersebut, yaitu Khrunichev State Research and Production Space Center, mengatakan bahwa pada tahap ketiga peluncuran roket tersebut, pihaknya mendapatkan adanya masalah sehigga mengakibatkan roket tersebut gagal diluncurkan. Penyelidikan pun kini sedang dilakukan untuk mngetahui penyebab kegagalan peluncuran roket tersebut.

Kegagalan peluncuran roket kali ini merupakan kegagalan kedua dari Khrunichev State Research and Production Space Center setelah setahu  yang lalu mereka juga gagal dalam meluncurkan roket Proton-M ke luar angkasa. Roket Proton-M pun sempat "dirumahkan" sementara dan dikaji ulang, sebelum akhirnya bertugas kembali dalam enam peluncuran selanjutnya yang berjalan mulus. (SlashGear)


(ABE)