Kerajinan Batik Pikat Warga Budapest

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 17 May 2015 13:53 WIB
batik
Kerajinan Batik Pikat Warga Budapest
Batik memukau masyarakat Indonesia. Indonesian Days Charity Bazaar 2015, di Budapest, Hungaria beberapa lalu, ANTARA FOTO/Zeynita Gibbons

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak dipungkiri, batik Indonesia kini telah mendunia. Lihat saja, masyarakat Budapest, Hungaria, serta turis mancanegara memborong batik dan kerajinan tangan di Indonesian Days Expo di Pasar Csarnok, Budapest, Hungaria.

"Pasar Csarnok merupakan pasar tradisional terbesar di Hungaria. Kami ingin lebih mendekatkan produk Indonesia ke masyarakat Hungaria secara langsung," kata Kepala Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Budapest Hikmat Rijadi, dalam siaran pers yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan, Minggu (17/5/2015).

Indonesian Days Expo telah dilangsungkan di Budapest, Hungaria pada 12-14 Mei 2015. Agenda tersebut hasil kerja sama ITPC Budapest dan KBRI Hungaria. Ekspo tersebut berhasil meraup transaksi sebesar enam juta HUF atau sekitar Rp300 juta, serta potensi kontrak bisnis.

Acara tersebut dibuka resmi oleh Duta Besar RI untuk Budapest Wening Esthyprobo bersama dengan Kepala ITPC Budapest Hikmat Rijadi. Dalam agenda ini juga dilakukan pemutaran video promosi wisata Indonesia.

"Saya berharap penyelenggaraan Indonesian Days Expo tahun berikutnya akan lebih baik dan terus meningkat hasil transaksinya terutama kecintaan masyarakat Hungaria kepada produk-produk Indonesia," tambah dia.

Wening menambahkan, event Indonesian Days Expo semakin mempertegas hubungan bilateral Indonesia dan Hungaria menjadi semakin baik dan menguat. Adapun kerja sama dua negara di bidang tersebut sudah berjalan lebih dari empat tahun.

Sekadar informais, pasar Csarnok atau dikenal dengan The Great Market Hall (central market hall) alias Nagycsarnok merupakan pasar tradisional indoor terbesar dan tertua di Budapest, Hungaria. Bangunan ini dirancang dan dibangun oleh Samu Pecz pada 1897 dan berukuran 10.000 meter persegi dengan memiliki tiga lantai yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari dan suvenir.

Pasar ini merupakan salah satu pasar terbaik dan terpopuler di Eropa yang dikunjungi oleh sekitar 30 ribu pengunjung setiap harinya. Adapun pasar tersebut dibuka mulai pukul 6 pagi sampai pukul 5 sore.


(AHL)