Myanmar Enggan Disalahkan atas Krisis Rohingya

Willy Haryono    •    Minggu, 17 May 2015 14:00 WIB
rohingya
Myanmar Enggan Disalahkan atas Krisis Rohingya
Imigran Rohingya berada di pengungsian sementara di Kuala Langsa, Aceh, Sabtu (16/5/2015). AFP / SUTANTA ADITYA

Metrotvnews.com, Naypyidaw: Myanmar menolak disalahkan atas meningkatnya krisis keimigrasian kaum etnis minoritas Rohingya yang berusaha mencari suaka di negara lain. 

Presiden Myanmar Thein Sein juga belum dapat memastikan apakah dirinya akan menghadiri pertemuan di Thailand terkait masalah imigrasi. Menurut keterangan kantor kepresidenan, Sein tidak akan datang jika masalah yang akan dibahas adalah Rohingya.

"Kami tidak mengabaikan masalah keimigrasian, tapi pemimpin kami akan memutuskan apakah akan menghadiri rapat berdasarkan isu yang akan dibahas," ucap Mayor Zaw Htay, kepala kantor kepresidenan Myanmar. 

"Kami tidak dapat menerima tudingan oleh sejumlah pihak bahwa Myanmar adalah sumber masalah (imiran Rohingya)," sambung dia, seperti dikutip Al-Jazeera

Belasan perahu berisi lebih dari 2000 imigran telah tiba di Thailand, Malaysia dan Indonesia dalam beberapa pekan terakhir. Ribuan lainnya diyakini masih terombang-ambing di lautan. 

Sebagian besar imigran itu adalah kaum etnis Rohingya, sebagian lainnya warga Bangladesh yang ingin mencari kehidupan lebih baik. 



(WIL)