Ini Alasan Pertamina Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri

Ade Hapsari Lestarini    •    Minggu, 17 May 2015 14:22 WIB
pertamina
Ini Alasan Pertamina Ekspansi Bisnis ke Luar Negeri
Ilustrasi Pertamina -- ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) akan meresmikan kantor unit usahanya di Kuala Lumpur, Malaysia Senin besok. Lalu, apa alasan perusahaan pelat merah tersebut berekspansi ke luar negeri.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro rencana ekspansi ini sesuai dengan strategi perusahaan untuk aggressive upstream and profitable downstream.

Wianda mengatakan, Pertamina telah sukses mengakuisisi beberapa aset baru di luar negeri, yaitu di Aljazair, Irak, dan Malaysia. Aset-aset tersebut di bawah koordinasi Pertamina International Exploration-Production.

"Tujuan dari ekspansi bisnis Pertamina ke luar negeri, selain untuk mencetak kepentingan bisnis perusahaan juga dalam kerangka menjaga ketahanan energi nasional, di mana hasil produksi dari aset-aset internasional Pertamina dapat digunakan untuk pasokan ke dalam negeri," tutur Wianda, dalam siaran persnya, di Jakarta, Minggu (17/5/2015).

Dia menambahkan, yang tidak kalah penting, dari kerja sama ini Pertamina bisa saling berbagi pengalaman dalam bisnis eksplorasi dan produksi migas dengan mitra-mitra berpengalaman di level global.

Sekadar informasi, di Malaysia, sejak akhir November 2013 Pertamina secara resmi mengakuisisi kepemilikan Murphy di enam blok migas. Dengan enam blok tersebut Pertamina bertekad untuk bisa memberikan yang terbaik dalam kemitraan dengan para mitra dan tentunya memberikan kontribusi terbaik bagi otoritas migas Malaysia serta masyarakat dan pemerintah Malaysia.

"Pembukaan kantor Pertamina Malaysia Exploration-Production besok akan memberikan sinyal kuat dari Pertamina akan komitmen untuk bekerjasama dengan para mitra dalam upaya melakukan eksplorasi dan produksi migas di wilayah kerja di Malaysia," tutup Wianda.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

12 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA