Cetak Gol ke Mantan Klub, Bony Bantu City Tekuk Swansea

Hilman Haris    •    Minggu, 17 May 2015 21:29 WIB
liga inggris
Cetak Gol ke Mantan Klub, Bony Bantu City Tekuk Swansea
Bony (kiri) mencetak satu gol ke gawang Swansea City, Minggu 17 Mei (GLYN KIRK / AFP)

Metrotvnews.com, Swansea: Manchester City berhasil memetik tiga poin usai mengalahkan Swansea City dengan skor 4-2 pada pekan ke-37 Liga Primer Inggris 2014--2015, Minggu 17 Mei. Kemenangan ini tidak didapat City dengan mudah. Pasalnya, setelah unggul 2-0, City dikejar oleh Swansea hingga kedudukan sama kuat 2-2.

Dua gol City pada awal pertandingan dicetak oleh Yaya Toure memanfaatkan umpan David Silva pada menit ke-21 dan James Milner menit ke-36. Hebatnya, mental para pemain Swansea tidak lantas jatuh meski tertinggal dua gol. Jelang akhir babak pertama berakhir, skuat asuhan Garry Monk itu sukses memperkecil kedudukan melalui sepakan Gylfi Sigurdsson.

Gol Sigurdsson makin membakar semangat para penggawa Swansea. Buktinya pada babak kedua, tim tuan rumah semakin bersemangat menggedor pertahanan City. Setelah berkali-kali melakukan serangan, Swansea akhirnya mendapatkan hasil yang diinginkan. Pada menit ke-64, Bafetimbi Gomis membuat Swansea menyamakan skor menjadi 2-2 setelah melepaskan tembakan keras yang gagal dihalau kiper City, Joe Hart.

Gol ini sekaligus menjadi pembuktian kualitas Gomis. Awalnya, Gomis dianggap sebagai pembelian gagal dan tak mampu menggantikan peran Wilfried Bony yang hengkang ke City pada bursa transfer Januari 2015. Namun, Gomis sukses membungkam kritik dengan torehan lima gol dalam lima partai terakhir bersama Swansea.

Namun City nampaknya tidak mau melihat Gomis dan Swansea berpesta pada akhir laga. Pada menit ke-74, City kembali unggul melalui gol yang dicetak oleh Yaya Toure. Gelandang The Citizens, Fernandinho, berandil besar atas gol kedua Toure pada laga ini. Ketika itu, pergerakan serta umpan matang Fernandinho memudahkan Toure melepaskan sepakan dari jarak dekat.

Swansea sempat dua kali memberikan ancaman pada menit ke-82 dan ke-84. Pertama dilakukan oleh Fernandez melalui sundulan memanfaatkan umpan sudut. Sundulannya nampak bakal masuk ke gawang City. Namun pada saat-saat akhir, Hart mampu bereaksi dan menepis bola ke luar lapangan. Selang dua menit kemudian, Hart kembali melakukan penyelamatan heroik untuk menggagalkan sundulan Gomis dari jarak dekat. 

Serangan Swansea makin meningkat setelah dua kali gagal menjebol gawang City. The Citizens tidak mau kalah. Guna menambah daya gedor, pelatih City, Manuel Pellegrini memutuskan untuk memainkan eks striker Swansea, Bony pada menit ke-85.

Bony tidak butuh waktu lama untuk memberikan sumbangsih kepada tim. Pada injury time, Bony sukses menjebol gawang mantan klubnya melalui sepakan terarah dari luar kotak penalti.

Aksi Bony menutup laga seru Swansea kontra The Citizens. Tiga poin melalui kemenangan dengan skor 4-2 akhirnya didapat The Citizens pada laga ini. Kemenangan yang memantapkan posisi City di posisi ketiga klasemen sementara Liga Inggris 2014--2015.


(HIL)