Rupiah Kembali Lagi ke Level Rp13.100/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Senin, 18 May 2015 09:14 WIB
rupiah
Rupiah Kembali Lagi ke Level Rp13.100/USD
Ilustrasi -- FOTO: Reuters/Darren

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata uang rupiah mencoba untuk terus bertahan setelah pada penutupan perdagangan akhir pekan kemarin cukup melemah.

Mengutip Bloomberg, Senin, 18 Mei, gerak rupiah pagi ini terpantau kembali melemah ke Rp13.124 per USD jika dibandingkan dengan pergerakan penutupan perdagangan akhir pekan kemarin yang berada di Rp13.000-an per USD.

Sementara itu, berdasarkan data Yahoo Finance, pagi ini rupiah diperdagangkan di level Rp13.132 per USD. Melemah jika dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir pekan yang berada di bawah Rp13.100 per USD.

Sekadar informasi, pergerakan rupiah sepanjang hari ini diprediksi masih akan bertahan dalam menghadapi "serangan" mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

"Rupiah secara umum masih akan bertahan di tren penguatannya, tetapi di perdagangan hari ini dolar berpeluang menguat terhadap rupiah," ungkap hasil analisa Samuel Sekuritas dalam analisanya, di Jakarta, Senin (18/5/2015).

Tidak hanya akibat tekanan terhadap dolar di pasar global terhadap mata uang negara lain, tetapi juga karena masih surplusnya neraca perdagangan yang sedikit menutupi pesimisme yang masih kuat terhadap perlambatan ekonomi domestik.

Wacana kebijakan untuk mendongkrak performa pertumbuhan sejauh ini juga belum terlalu meyakinkan untuk mengubah persepsi investor yang terlanjut pesimistis.


(AHL)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

21 hours Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA