Pesawat Pribadi Hilang di Laut Baltik

Willy Haryono    •    Senin, 18 May 2015 11:02 WIB
pesawat hilang
Pesawat Pribadi Hilang di Laut Baltik
Sebuah kapal kargo berlayar di Laut Baltik. AFP / OLIVIER MORIN

Metrotvnews.com, Vilnius: Pemerintah Lithuania mencari sebuah pesawat pribadi berukuran kecil dengan dua pilot di dalamnya yang hilang di Laut Baltik dalam perjalanan dari Swedia. 

Walau sudah ada pencarian dari beberapa negara sejak Sabtu malam, jejak pesawat An-2 buatan Polandia itu belum diketahui. 

"Kapal dan pesawat Lithuania serta helikopter Latvia sedang menelusuri area. Belum ada apapun yang ditemukan," ucap Letnan Kapten Antanas Brencius kepada AFP, Minggu (17/5/2015). 

Kedua pilot tidak mengeluarkan sinyal darurat sebelum pesawat mereka menghilang di atas laut. Media lokal melaporkan keduanya tidak melaporkan masalah apapun saat melakukan kontak terakhir dengan menara pengawas. 

Pejabat badan penerbangan Lithuania menduga adanya kerusakan teknis. "Kedua pilot itu memiliki 40 tahun pengalaman terbang," kata Wakil Kepala Badan Penerbangan Sipil Lithuania, Alvydas Sumskas. 

"Kondisi (cuaca) baik, sepertinya kedua orang ini tidak melakukan kesalahan. Kita tidak bisa mengesampingkan kemungkinan adanya kerusakan teknis," tambah dia.



(WIL)