Lenovo Yoga 2 Pro, Tablet Multimode yang Dilengkapi Proyektor

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 18 May 2015 11:42 WIB
review gadget
Lenovo Yoga 2 Pro, Tablet Multimode yang Dilengkapi Proyektor
Yoga dalam mode Hold.

Metrotvnews.com: Apa yang ada dalam pikiran Anda saat mendengar kata Yoga? Secara pribadi, hal pertama yang mencuat dalam pikiran saya adalah kata "fleksibel". Dan fleksibel adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Lenovo Yoga 2 Pro Tablet.


Desain

Lenovo Yoga 2 Pro Tablet memiliki desain yang tidak biasa. Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, Yoga 2 Pro memiliki silinder memanjang pada satu sisinya. Sekilas, desain ini mungkin terlihat janggal. Tetapi tabung ini bukannya tak memiliki kegunaan karena di sinilah built-in proyektor Yoga 2 Pro tersembunyi.

Yoga 2 Pro Tablet memiliki 4 mode: Hold, Stand, Tilt dan Hang. Hold adalah mode di mana Anda memegang bagian samping dari tablet ini, yang terasa lebih nyaman karena keberadaan silinder. Hanya saja, saya tak menyarankan untuk memegangnya dengan satu tangan dalam waktu lama karena ia cukup berat. Mengingat ukurannya yang cukup besar, 13,3-inci, tidak heran jika bobotnya tak enteng, yaitu 950 gram.

Mode yang kedua adalah Stand. Di bagian belakang Yoga 2 Pro, berdekatan dengan kamera utama, terdapat tombol, yang jika Anda tekan, akan mengeluarkan penopang. Penopang ini berguna ketika Anda meletakkan tablet ini di atas meja.



Mode ketiga adalah Tilt. Dalam mode ini, Anda bisa menyesuaikan sudut dari Yoga 2 Pro. Karena itulah, saya merasa mode ini adalah mode yang paling sesuai saat Anda ingin menonton sesuatu. Mode yang terakhir adalah Hang yang memungkinkan Anda menggantung perangkat di dinding.

Penyangga Yoga 2 Pro 2 memiliki lubang berbentuk persegi di bagian tengahnya. Dengan begitu, Anda dapat menggantung tablet ini pada dinding. Anda juga dapat menggunakan mode Hang untuk menjinjing tablet ini, meskipun lubang ini hanya cukup lebar untuk 2 – 3 jari Anda. Mode Hang inilah yang membuat Yoga 2 Pro ideal untuk digunakan di ruangan yang sempit atau tidak memiliki meja.

Tombol power terletak di sisi kiri, dan di bawahnya terdapat jack 3,5 milimeter untuk earphone, port usb dan tombol volume. Tablet ini memiliki 2 speaker; speaker utama di bagian depan dan speaker JBL subwoofer di bagian belakang. 

Lenovo Yoga 2 Pro juga dilengkapi dengan slot SIM card yang dapat Anda temukan di balik penyangga. Menariknya, ia dapat mengakses jaringan 4G LTE. Meski tersembunyi, ia tetap mudah diakses.


 

Software & antarmuka 

Yoga 2 Pro menggunakan Android 4.4.2, KitKat. Antarmukanya sederhana, sehingga tak akan membuat Anda bingung. Di sisi lain, antarmuka yang terlalu sederhana berarti Anda tidak bisa melakukan banyak kustomisasi untuk membuat tablet ini sesuai dengan selera Anda.



Software yang otomatis terpasang ke dalam Yoga 2 Pro cukup banyak. Meskipun, untungnya, sebagian besar cukup berguna. Seperti aplikasi SNYCit yang berfungsi untuk melakukan sinkronisasi data ke cloud. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda akan memerlukan akun Lenovo. Aplikasi lainnya adalah SHAREit, yang berguna untuk mengirim dan menerima data dengan sesama pengguna aplikasi ini.

Fitur yang paling spesial dari Yoga 2 Pro adalah sebuah built-in proyektor. Fitur ini cukup berguna saat Anda memerlukan sebuah proyektor baik untuk melakukan persentasi ataupun sekadar menonton film bersama teman atau keluarga Anda.

Di dekat proyektor, terdapat tombol yang berfungsi untuk menyesuaikan ketajaman gambar yang diproyeksikan. Sayangnya, untuk mengatur ukuran gambar, Anda masih harus melakukannya secara manual dengan cara mendekatkan atau menjauhkan tablet ini dari layar.



Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, proyektor ini dapat Anda gunakan untuk menonton film, menunjukkan gambar, dokumen, persentasi dan menunjukkan rangkaian gambar yang Anda buat. Anda tetap dapat membiarkan proyektor menyala bahkan saat Anda telah keluar dari aplikasi proyektor. Dengan begitu, apa yang sedang Anda lakukan di tablet ini, akan ditampilkan melalui proyektor.

Berdasarkan pengalaman saya, proyektor Yoga 2 Pro cukup baik digunakan dalam ruangan agak gelap. Cahayanya tidak cukup terang untuk menampilkan gambar jika dipakai di ruangan cerah.


Kamera & video

Kamera jelas bukan salah satu fitur unggulan dari Yoga 2 Pro. Ia hanya dilengkapi dengan kamera utama 8MP dan kamera depan 1,6MP. Gambar yang dihasilkan kamera belakang saat saya berada di luar ruangan dan matahari bersinar terang terlihat cukup tajam.

Inilah contoh gambar yang dihasilkan saat saya mengambil gambar di luar ruangan dengan kamera belakang.



Dan ini hasil menggunakan kamera depan.



Meskipun begitu, saat saya berada dalam ruangan, gambar yang dihasilkan terlihat grainy. Inilah hasil foto dengan kamera utama di dalam ruangan dalam keadaan cahaya remang-remang.



Hasil foto dalam ruangan dengan cahaya menggunakan kamera depan.



Selain itu, tablet ini juga hanya memiliki fitur kamera yang sangat mendasar, seperti normal, panorama, night, macro dan speech photo. Speech photo memungkinkan Anda dapat merekam pembicaraan selama 9 detik setelah Anda mengambil foto. Sementara dalam hal video, ia dapat merekam video dengan resolusi 1280x720.


Performa & baterai

Lenovo Yoga 2 Pro dilengkapi dengan prosesor Intel Atom Z3745 empat inti. Ia memiliki RAM 2GB dan memori internal 32GB yang dapat Anda tambahkan dengan microSD hingga 64GB jika Anda masih merasa kurang. 

Hasilnya, Anda tak akan menemui masalah saat Anda melakukan kegiatan-kegiatan sehari-hari, seperti membuka media sosial, berselancar di internet, menonton video atau sekadar membuat artikel pendek atau persentasi singkat.

Yoga 2 Pro juga mendukung multitasking. Sayangnya, aplikasi yang dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi lain sangat terbatas, seperti email, chrome, gallery, messaging, file browser, calculator, video dan UC browser.



Meski terdapat kata “Pro” pada namanya, tetapi saya merasa tablet ini tak cocok untuk dijadikan sebagai perangkat kerja utama. Kenapa? Karena walau nyaman untuk mengetik, tetapi tetap saja tak senyaman menggunakan keyboard fisik.





Seperti biasa, game Asphalt 8 Airborne adalah game yang saya coba mainkan untuk memeriksa performa tablet ini. Yoga 2 Pro dapat digunakan untuk bermain game ini dengan grafis high tanpa ada masalah. Hanya saja, mengingat besarnya bodi Yoga 2 Pro, bermain Asphalt jadi terasa agak aneh. Dan seperti yang dapat Anda lihat pada grafis di atas, performa Yoga 2 Pro cukup baik, walau ia tetap tak dapat menandingi Xiaomi Mi Pad.



Mengenai baterai, Yoga 2 Pro memiliki baterai dengan daya 9.600 mAh. Meskipun begitu, saat dites menggunakan PCMark, daya tahannya hanya 7 jam 26 menit, masih kalah jauh jika dibandingkan dengan daya tahan baterai tablet lain.

Selain itu, kadang-kadang, muncul masalah: tablet ini mati dengan sendirinya dan tak dapat dinyalakan, bahkan setelah saat menekan tombol power selama beberapa waktu. Pemecahan masalah ini cukup mudah sebenarnya, Anda cukup menekan tombol power selama 20-30 detik, lepaskan dan tekan tombol power sekali lagi.


Kesimpulan

Yoga 2 Pro adalah tablet yang cukup mumpuni dengan fitur built-in proyektor yang cukup berguna. Ia memiliki 4 mode, sehingga Anda dapat menyesuaikan mode yang Anda gunakan dengan apa yang sedang Anda lakukan.

Mode Hang sangat berguna bagi Anda yang sering membawa tablet bahkan ke ruangan yang tidak memiliki meja. Layar lebarnya terkadang adalah sebuah kelebihan, misalnya saat Anda sedang menonton video, walau terkadang juga dapat menjadi sebuah kekurangan, karena mengurangi mobilitasnya.

Lenovo membanderol tablet ini seharga Rp7,6 juta. Itu angka cukup tinggi hanya untuk membeli sebuah tablet. Namun, satu hal yang harus Anda ingat saat membeli Yoga, Anda tidak hanya membeli sebuah tablet, tetapi juga sebuah proyektor.
 
  Lenovo Yoga 2 Pro Tablet
Prosesor Intel Atom Z3745 (1,33GHz)
RAM 2GB
OS Android 4.4.2 KitKat
GPU Intel Gen 7 (Ivy Bridge)
Memori Internal 32 G
Kamera 8 MP (belakang), 1,6 MP (depan)
Dimensi -
Bobot 950 gram
Baterai Li-on, 9.600 mAh 
Layar 13,3 inci, QHD 2560x1440 (~221ppi),IPS Display
Konektivitas GSM/WCDMA: 850/900/1800/1900
HSDPA 900/2100
4G LTE
Harga Rp7.600.000

Lenovo Yoga 2 Pro Tablet

 

7.5

  • + Desain dengan 4 mode
  • + Dapat melakukan multitasking
  • + Built-in proyektor
  • - Kustomisasi antarmuka yang terbatas
  • - Berat
  • - Harga mahal
  • - Baterai yang tidak terlalu awet



(ABE)

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

KPK Hadirkan Tiga Ahli di Praperadilan Novanto

21 minutes Ago

KPK akan menghadirkan tiga ahli dalam lanjutan sidang praperadilan Setya Novanto di Pengadilan …

BERITA LAINNYA