Ingin Saingi eBay dan Amazon, Google akan Buat Tombol Pembelian

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 18 May 2015 12:26 WIB
google
Ingin Saingi eBay dan Amazon, Google akan Buat Tombol Pembelian
Google dikatakan ingin membuat fitur pembelian di halaman pencarian mereka.

Metrotvnews.com: Muncul kabar yang mengatakan bahwa dalam waktu beberapa minggu ke depan, Google berencana untuk membuat sebuah tombol "beli" pada halaman pencarian miliknya. Setidaknya begitulah Wall Street Journal tuliskan dalam artikel mereka. Dikatakan, tombol ini akan muncul di sebelah hasil pencarian jika Anda mencari di bagian "Belanja di Google".
 
Saat ini, jika seseorang mengklik tombol beli di bagian "Belanja di Google", maka dia akan dibawa ke situs penjual barang tersebut. Dan hal ini berarti antarmuka dari situs penjual adalah kunci yang menentukan apakah seseorang akan membeli barang tersebut atau tidak. Dengan tombol beli ini, diharapkan orang yang hendak membeli suatu barang akan dapat diarahkan ke halaman Google lain, di mana mereka dapat memilih barang yang akan mereka beli dan metode pengiriman dari barang tersebut.
 
Hal ini bukan berarti Google telah beralih profesi menjadi penjual, karena barang yang dijual tetap didapatkan dari penjual independen. Google bahkan tidak berencana untuk meminta bagian dari hasil penjualan barang yang terjual.

Meskipun begitu, bukan berarti hal ini tak akan menguntungkan Google. Karena jika Google memang mengimplementasikan fitur ini, maka ia akan dapat menjadi situs e-commerce yang setara dengan Amazon, yang memiliki pembeli bulanan sekitar 270 juta orang atau eBay, yang dilaporkan memiliki pengguna lebih dari 157 juta.
 
Selain itu, Google juga pasti berharap mereka akan dapat memberikan pengalaman belanja online yang begitu mudah sehingga saat seseorang hendak membeli sesuatu, mereka akan mencari dan membeli barang tersebut melalui Google dan bukannya melalui situs lain.

Meskipun begitu, juru bicara untuk Google menolak untuk memberikan komentar mengenai rumor ini. (mashable)


(ABE)