Menkumham: Tak Ada Penangkapan di LP Terkait Narkoba

- 29 Januari 2013 21:29 wib
<p>Ilustrasi--Dok.MI</p>

Ilustrasi--Dok.MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsudin mengklarifikasi bahwa tidak ada penangkapan sejumlah narapidana terkait peredaran narkotika di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan dan Cipinang.

"Sehingga apa yang diberitakan kemarin (penangkapan bandar narkoba di Lapas Cipinang dan Nusakambangan, red.) perlu kami luruskan," kata Amir Syamsuddin di Jakarta, Selasa (29/1).

Menkumham menjelaskan, tiga napi yang diberitakan sebelumnya adalah napi di Lapas Cipinang berkewarganegaraan Malaysia bernama Lee Che Hen. Dua napi lainnya dari Lapas Batu Nusakambangan berkewarganegaraan Nigeria Adam Wilson dan Singapura bernama Tan Swe Kon.

Namun, ketiganya tidak pernah ditangkap di lapas karena terkait peredaran narkoba.

"Napi dari Nusakambangan, Adam Wilson dan satunya itu tidak pernah 'di-bon' (dipinjam, red.) Polda Metro Jaya. Mereka justru di "bon" BNN sejak November 2012 dan dititipkan di Lapas Cipinang, jadi tidak ada penangkapan," katanya.

Napi dari Lapas Cipinang berkewarganegaraan Malaysia Lee Che Hen, dipinjam satu hari oleh pihak kepolisian.

"Tanpa sedikit pun berniat mengurangi semangat Polda, tapi fakta seperti ini penting disampaikan ke media agar tidak ada kesalahpahaman antarlembaga. Karena saya berharap ke depan koordinasi tidak terganggu," katanya.

Terkait upaya pemberantasan narkoba, ia mengatakan bahwa kementeriannya telah berkoordinasi dan memiliki nota kesepahaman dengan BNN dan kepolisian. Koordinasi itu telah berjalan dengan baik di tingkat pusat hingga daerah.

Sebelumnya diberitakan bahwa Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menangkap 16 tersangka pengedar narkotika berjaringan internasional. Tiga di antaranya warga asing penghuni Lapas Nusakambangan dan Cipinang.

Dua di antara tiga napi warga asing tersebut berasal dari Nigeria dan Malaysia telah divonis mati, sedangkan satu napi warga Singapura divonis tujuh tahun penjara.(Ant/RZY)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…