NASA Adakan Kompetisi Rancang Bangunan di Mars dengan Metode Cetak 3D

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 18 May 2015 13:14 WIB
air telah ditemukan di mars
NASA Adakan Kompetisi Rancang Bangunan di Mars dengan Metode Cetak 3D
Peserta ditantang untuk merancang bangunan yang dapat digunakan manusia di Mars (gambar: SlashGear)

Metrotvnews.com: Mendaratkan manusia di Mars memang bukan pekerjaan yang mudah, namun membuat manusia dapat tinggal dan bertahan di planet merah tersebut akan jauh lebih sulit. Untuk itulah, baru-baru ini NASA menggelar sebuah kompetisi 3D Printing dengan tema rancang bangun hunian manusia di Mars.

Dalam kompetisi tersebut, peserta diminta untuk membuat bangunan yang memiliki kriteria tertentu untuk digunakan dalam ekspedisi ke Mars. Sebelum mengirim manusia ke Mars, NASA sebenarnya ingin membuat berbagai fasilitas yang dapat dibuat dengan mudah dengan robot dan menggunakan material yang ada di Mars.

Jika fasilitas tersebut telah selesai, barulah NASA mengirimkan manusia ke planet merah tersebut. Rancangan bangunan yang dikompetisikan harus memenuhi berbagai kriteria, di antaranya adalah mudah dibuat dan dirakit dan menggunakan material yang ada di Mars, memiliki luas yang cukup untuk kebutuhan hidup para kru NASA di Mars, serta dapat digunakan sebagai fasilitas penopang hidup di tempat lain selain Mars.

NASA juga tak main-main dengan kompetisi ini. Mereka telah menyiapkan hadiah senilai USD2.25 juta untuk pemenang. Tidak hanya itu, NASA juga akan memberikan hadiah sebesar USD50,000 untuk setiap peserta yang berhasil lolos ke tahap seleksi 30 besar.

Melalui kompetisi ini, NASA juga berharap bahwa teknologi cetak 3D tidak hanya dapat digunakan untuk membangun hunian di Mars, namun juga di Bumi. Jika Anda tertarik mengikuti kompetisi ini, Anda dapat mengunjungi situs resminya dan mengunduh formulir pendaftarannya. (SlashGear)

 


(ABE)