Modifikasi Motor

Matic Cafe Racer Garapan Ivan, Tetap Utamakan Safety

Ahmad Garuda    •    Senin, 18 May 2015 12:53 WIB
modifikasi motor
Matic Cafe Racer Garapan Ivan, Tetap Utamakan <i>Safety</i>
Honda Vario milik Ivan ini, sudah berubah mengaplikasi gaya cafe racer. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Bandung: Inspirasi modifikator atau sang builder, memang berbeda-beda. Kali ini Ivan Jeriko sang builder asal Ciledug-Tangerang, pamer tunggangan barunya di ajang Honda Modif Contest di Bandung. Ivan membawa konsep yang sangat unik, yaitu Matic Cafe Racer yang kebanyakan mengaplikasi hasil karya tangannya sendiri.

Impian Ivan untuk mengubah Honda Vario 2008 miliknya menjadi sebuah cafe racer, memang tidak salah. Lantaran setelah melihat hasilnya, konsep yang diaplikasikan benar-benar sudah matang. Aplikasi konsep cafe racer tanpa meninggalkan ciri khas motor matic Honda Vario sekaligus aman untuk digunakan beraktifitas, bergabung jadi satu.

"Sebenarnya motor ini dikerjakan dalam waktu yang relatif terbatas yaitu hanya dua pekan. Mengingat dari konsep yang kami inginkan memang mengharuskan itu. Tapi semangat untuk tampil berbeda sudah terlanjur besar. Makanya kami kebut pengerjaannya dan hasilnya seperti ini," beber Ivan.

Kreatifitas ubahan Ivan memang cukup ekstrim. Mengingat banyak hal yang berubah dari Honda Vario yang masih menggunakan sistem pengkabutan bahan bakar karburator itu. Misalnya, rangka yang dibentuk ulang agar bisa mengakomodasi konsep yang bakal diaplikasikan. Wheelbase pun otomatis jadi pendek karena trail dan rake di modifikasi.

Paling lucu adalah bagian tangki motor, sekarang hanya berkapasitas 0,8 liter saja. Seperti kapasitas isi oli botolan. Bukannya sengaja, tapi itu untuk mengejar model buntut tawon sehingga tangki bbm jadi korbannya. Tapi ini tidak berdampak pada sistem safety yang ada di motor tersebut.

"Kami tidak ingin bermain-main dengan konsep safety karena itu adalah syarat utama dari konsep modifikasi yang ingin kami aplikasikan. Makanya komponen yang kami custom ataupun aplikasi, semuanya sudah kami pertimbangkan," klaimnya.

Hasilnya memang cukup mengesankan. Saat kompetisi berlangsung, motor ini meraih perhatian yang cukup tinggi dari para penonton yang datang di sana.

Data modifikasi:
Rangka: full custom
Pelek: full custom
Buntut: full custom
Headlamp: full custom
RPM dan Master rem: KTC Racing
Upside down: Ride It
Cakram belakang: Kawasaki Ninja 150
Cakram depan: Honda Vario 110
Penutup rangka: full custom alumunium 8 mm


(UDA)