Desy Ratnasari Pertanyakan Aksi Menteri Yohanna dalam Kasus D

Githa Farahdina    •    Senin, 18 May 2015 13:08 WIB
penelantaran anak
Desy Ratnasari Pertanyakan Aksi Menteri Yohanna dalam Kasus D
Desy Ratnasari. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Desy Ratnasary mempertanyakan peran Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohanna Susana Yambise terkait kasus penelantaran anak di Cibubur. Desy mendesak Yohanna bertindak.

"Saya belum lihat beliau berbuat apa dalam kasus ini," kata Desy dalam diskusi di Humas Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015).

Desy mendesak Yohanna memberi perhatian lebih pada perlindungan anak Indonesia. Tak hanya pada kasus D yang selama satu bulan diusir kedua orangtuanya.

Menurut Desi, masih banyak kasus lain yang juga berkaitan dengan anak-anak di negeri ini.

"Saya ingin melihat sejauh mana UU Perlindungan Anak diterapkan. Nuhun sewu Ibu Yohanna," tambah Desy.


Yohanna Susana Yembise. Foto: Rommy Pujianto/MI

Sebelumnya, aparat Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menangkap kedua orangtua yang mengusir seorang anak menelantarkan empat lainnya, UP dan NS, di Cibubur. UP dan NS mengusir D, anaknya.

Selain diusir, D tidak diberikan makan dan tidak sekolah selama satu bulan. Ayah kandung korban berkerja sebagai dosen di sebuah sekolah tinggi di Cileungsi, Bogor. Sementara ibu kandung korban bekerja sebagai ibu rumah tangga.

Keduanya ditangkap di Perumahan Citra Gran Cluster Nusa II Blok E nomor 37, Cibubur, Pondok Gede, Bekasi. Penangkapan dilakukan setelah sebelumnya pihak KPAI bekerja sama dengan kepolisian dan RW setempat untuk menggerebek kediaman suami-istri ini.

UP dan NS juga diduga mengonsumsi narkotika jenis sabu. Keduanya resmi ditetapkan tersangka kepemilikan sabu sejak Minggu (17/5/2015).


(KRI)