Orangtua 'Usir' Anak

Polisi Kumpulkan 3 Alat Bukti untuk Jerat Utomo & Istri

Githa Farahdina    •    Senin, 18 May 2015 14:14 WIB
penelantaran anak
Polisi Kumpulkan 3 Alat Bukti untuk Jerat Utomo & Istri
Rumah Utomo Pernomo di Perumahan Citra Gran Cibubur diberi garis polisi, Kamis 14 Mei 2015. Foto: MI/Gana Buana

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi memeriksa psikologis dan fisik lima anak yang diusir orangtuanya, hari ini. Pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat.

"Untuk mengetahui kondisi anak apakah mengalami kekerasan atau tidak. Hasilnya jadi alat bukti penyidik," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Heru Pranoto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015).

Dalam pemeriksaan, anak-anak akan didampingi psikolog agar bisa memberikan keterangan sebagaimana mestinya. Kondisi kejiwaan orangtua anak-anak itu, Utomo Pernomo dan Nurindria Sari juga akan diperiksa.

Setelah pemeriksaan, terang Heru, pihaknya akan gelar perkara. Jika alat bukti sudah cukup, penyelidikan akan ditingkatkan ke penyidikan.

"Kami pakai minimal tiga alat bukti, Meskipun di KUHP cukup dua alat bukti tapi biar mantap. Jika itu terpenuhi, akan kami tetapkan sebagai tersangka (Utomo dan istri)," terangnya.

Kasus Utomo menelantarkan anaknya terungkap pada Kamis pekan lalu. Polisi mengetahui kejadian ini melalui media sosial.

Utomo melarang anaknya yang berusia delapan tahun masuk ke rumah selama sebulan terakhir. Bocah inisial D itu tidak disekolahkan. Pada malam hari, D menumpang tidur di pos sekuriti perumahan.

Polisi membawa Utomo dan istrinya ke Mapolda Metro Jaya hari itu. Keduanya juga dijerat kasus narkoba. Polisi menemukan paket sabu di rumahnya. Tes urine keduanya juga menunjukkan positif sabu.


(TRK)