Tips Aman Mengambil Foto Selfie

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 18 May 2015 15:57 WIB
tips & trik
Tips Aman Mengambil Foto Selfie
Selfie pun harus dilakukan dengan benar (foto: toronto4kids)

Metrotvnews.com: Selfie alias memotret diri sendiri masih digemari banyak orang. Meskipun terlihat sepele, selfie ternyata menyimpan berbagai risiko yang membahayakan, mulai dari keamanan data pribadi hingga nyawa.

Baru-baru ini, misalnya, seorang wanita yang tengah ber-selfie di pantai Bajulmati, Malang Selatan, Jawa Timur, Minggu (17/5/2015), tewas terseret ombak. Kejadian tersebut memberikan pelajaran bagi kita semua, bahwa selfie pun dapat membahayakan nyawa seseorang jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut adalah tips aman mengambil foto selfie dari kami:

1. Perhatikan lokasi
Lokasi selfie adalah hal pertama yang wajib diperhatikan. Foto selfie seringkali mengharuskan pandangan kita untuk tetap fokus pada kamera yang dipegang. Hal tersebut membuat kita semakin tidak waspada pada kondisi sekitar kita. Untuk itulah, sebaiknya selfie dilakukan di tempat datar, tidak dilakukan di dekat dengan tebing curam atau tempat berbahaya lainnya, serta lakukan di tempat kering agar perangkat tidak mengalami gangguan korsleting. Selain itu perhatikan juga kepadatan populasi di sekitar Anda, karena selfie akan mengganggu orang di sekitar Anda.

2. Pastikan perangkat telah dipasang dan diatur dengan benar
Sebelum melakukan selfie, Anda harus memastikan bahwa kamera atau smartphone yang digunakan telah terpasang dengan kuat. Selain itu, jangan lupa juga untuk mengatur shutter, pencahayaan, dan lain-lain.

3. Jangan gunakan perangkat abal-abal
Kepopuleran selfie telah membuat banyak sekali perangkat dan aksesori khusus untuk selfie bermunculan. Sebagai konsumen, Anda harus jeli dalam memilih berbagai aksesori selfie, terutama tongsis yang memang sangat sering digunakan untuk ber-selfie. Belilah tongsis dari produsen ternama dan dari penjual yang terpercaya. Selain itu, pilih tongsis dengan bahan yang kokoh, serta memiliki pegangan dan pengait yang kuat agar Anda dan perangkat Anda tidak mengalami kecelakaan.

4. Lakukan selfie dengan cepat tanpa pose ekstrem
Pengambilan gambar selfie sebaiknya dilakukan dengan segera tanpa harus lama berpose. Seperti yang telah disebutkan di poin pertama, selfie seringkali mengharuskan kita untuk berfokus pada kamera, sehingga mengabaikan kondisi sekitar. Pengambilan gambar selfie dengan segera akan mengurangi risiko kecelakaan. Selain itu, kami juga menyarankan Anda untuk tidak melakukan selfie dengan pose yang ekstrem, misalnya di atas batu di puncak gunung.

5. Sortir dan unggah foto selfie dengan benar
Foto selfie mengandung informasi, terutama mengenai diri Anda sendiri. Hobi ber-selfie bisa mengakibatkan orang lain mengatahui detail kehidupan pribadi Anda. Untuk itu, jagalah privasi Anda dengan cara menyortir foto selfie yang telah diambil sebelum Anda mengunggahnya ke media sosial.


(ABE)