Genjot Bisnis, Capex Kalbe Farma Capai Rp1,1 Triliun

Dian Ihsan Siregar    •    Senin, 18 May 2015 15:28 WIB
kalbe farma
Genjot Bisnis, <i>Capex</i> Kalbe Farma Capai Rp1,1 Triliun
Pabrik obat Kalbe Farma di Cikarang -- ANTARA FOTO/Audy Alwi

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Kalbe Farma Tbk (KLBF) bakal menggelontorkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp1 triliun-Rp1,1 triliun di tahun ini. Dana tersebut sebagian besar bakal digunakan untuk menambah kapasitas divisi obat perseroan.

"Capex Rp1 triliun-Rp1,1 triliun untuk menambah kapasitas pabrik obat di Cikarang, Jawa Barat. Daerah sana sudah punya tanah dan pabrik yang existing dan pabrik juga," kata Direktur sekaligus Sekretaris Kalbe Farma, Vidjongtius ketika ditemui usai RUPS Tahunan perseroan di Komplek PT Bintang Toedjoe Pulomas, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Selain itu, dana capex juga akan digunakan untuk divisi obat bebas dan nutrisi serta pabrik susu di Cikampek, Jawa Barat. Tidak hanya itu, dana capex bakal digunakan dalam menyelesaikan pabrik di Sukabumi, Jawa Barat.

"Tambah kapasitas produksi reguler untuk dua sampai tiga tahun. Kita bangun pabrik susu juga," ungkap dia.

Di samping itu, menurut dia, perseroan bakal mengembangkan divisi distribusi pada tahun ini. Divisi distribusi juga menjadi peluang besar dalam meningkatkan bisnis di tahun ini.

Adapun sumber dana capex, urai dia, perseroan bakal mendapatkan dana tersebut dari kas internal. Sebab, perseroan memiliki permodalan dan kas yang masih baik hingga kuartal I-2015 mencapai Rp2,2 triliun.


(AHL)