Ahok: Pejabat DKI Cuma Jago Gosok Batu Akik

Wanda Indana    •    Senin, 18 May 2015 15:53 WIB
basuki tjahaja purnama
Ahok: Pejabat DKI Cuma Jago Gosok Batu Akik
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Wanda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama mengaku kecewa banyak pejabat DKI yang masih menerima suap padahal sudah digaji tinggi. Tak hanya itu, yang membuat Ahok berang, banyak pejabat eselon yang tidak bisa mengetik.
 
Mantan Bupati Belitung Timur itu mengungkapkan, berdasarkan laporan beberapa pejabat kerjanya hanya menggosok batu akik. Informasi itu dia dapatkan langsung dari staf pejabat eselon.
 
“Tadi staf di bawah lapor ke saya, 'Banyak atasan saya yang ngetik pun nggak bisa pak. Ada juga yang cuma jago gosok batu akik pak, tetapi dapat gaji selangit’,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2015).
 
Untuk menindaklanjuti laporan itu, Ahok berjanji akan melakukan perombakan pejabat besar-besaran, tidak hanya pejabat eselon III dan IV, tetapi juga eselon II setingkat kepala dinas.
 
Pihaknya akan menunggu hasil kinerja pelayanan publik selama satu semester ke depan. Jika pelayanan publik tidak maksimal, maka Kepala Dinas dan pejabat eselon II akan distafkan.
 
“Kita Tunggu enam bulan, kalau pelayanan tidak memuaskan. Artinya kepala dinas atau pejabat eselon II tidak becus. Mau tidak mau, tidak ada pilihan lain selain distafkan,” tegasnya.

Hari ini Ahok melantik 649 pejabat eselon III dan IV. Pejabat eselon III yang dilantik dimasukkan ke 25 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berbeda. Sedangkan, pejabat eselon IV disebar ke 38 SKPD.

Pelantikan pejabat pagi ini untuk ketiga kalinya dilakukan Ahok sejak awal 2015. Pelantikan pertama, Ahok merotasi ribuan PNS pada 2 Januari. Kedua, Ahok melantik 704 pejabat eselon II, III dan IV pada 22 Januari.


(FZN)