Banjir Rob, Puluhan Siswa Peserta UN Diungsikan

Bambang Mujiono    •    Senin, 18 May 2015 15:53 WIB
ujian nasional
Banjir Rob, Puluhan Siswa Peserta UN Diungsikan
Foto: SDN Tegaldowo, Pekalongan, tergenang air banjir rob/MTVN_Bambang Mujiono

Metrotvnews.com, Pekalongan: Para siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Tegaldowo, Pekalongan, Jawa Tengah, diungsikan ke ruang perpustakaan sekolah untuk mengikuti Ujian Nasional (UN). Sebab, lima ruang kelas yang sedianya untuk UN tergenang air banjir rob.

"Kami terpaksa mengungsikan 40 siswa kelas 6 SD yang harus melakukan ujian, karena ruangan kelas terendam air. Rob tersebut datang secara tiba-tiba, sehingga kami kaget saat pelaksaan ujian mau dilakukan di kelas namun tergenang air," kata Kepala SDN Tegaldowo, Purnomo, kepada Metrotvnews.com, Senin (18/5/2015).

Menurut Purnomo, air rob sering menggenangi pemukiman dan sekolah di desa Tegaldowo, kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. Tinggi air rob bervariasi mulai 15 hingga 20 centimeter. Terlebih lagi banjir rob datang tiba-tiba.

Seorang siswi SDN Tegaldowo, Savitri, 13, mengaku terkejut saat air menggenangi ruang kelasnya. Selain tidak nyaman, belajar di ruang kelas yang tergenang juga mengganggu konsentrasinya.

"Harus copot sepatu dulu karena takut basah. Kami juga khawatir sewaktu-waktu datang air secara tiba-tiba. Jadi kami kurang konsentrasi," kata Savitri

Sebanyak 40 siswa mengikuti UN di sekolah ini. Banjir yang menggenangi sekolah ini mengharuskan para siswa menyopot sepatu saat masuk ke area sekolah. Sebagian siswa pun mengenakan sandal ke sekolah.


(TTD)