Ini Jawaban Pertamina, Mengenai Penundaan Kenaikan Harga Pertamax

Annisa ayu artanti    •    Senin, 18 May 2015 16:05 WIB
pertamina
Ini Jawaban Pertamina, Mengenai Penundaan Kenaikan Harga Pertamax
Ilustrasi. Antara/Zabur Karuru

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamis lalu PT Pertamina (Persero) membatalkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pertamax yang sebelumnya akan dinaikkan pada hari Jumat 15 Mei 2015.

Vice President Communication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, Pertamina menunda kenaikan pertamax untuk mencari waktu yang lebih tepat.

"Intinya soal pertamax kami cari tata waktu yang lebih sesuai. Dan ini sudah dipahami oleh pemerintah dan sudah kami lakukan secara rutin bahwa penentuan harga BBM non subsidi adalah domain badan usaha untuk menentukan. Namun kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar ada waktu yang sesuai," kata Wianda, usai diskusi diskusi publik bertema Pengembangan Produk-produk Pengolahan Pertamina, di kantor pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur No 1, Jakarta, Senin (18/5/2015).

Dia menjelaskan, intinya, lanjut Wianda, akan tetap ada penyesuaian harga BBM karena harganya mengacu pada harga pasaran minyak internasional. Namun, untuk penerapannya memang harus mencari waktu yang sesuai.

"Ini adalah kegiatan rutin kami untuk evaluasi pertamax secara berkala, dua kali dalam sebulan. Lalu ada faktor lain agar ada waktu lain untuk penyesuaian. Itu yang saat ini kita maksudkan agar dalam waktu tidak lama kita lakukan penyesuaian," papar dia.

Wianda juga membenarkan adanya salah tafsir yang terjadi di publik mengenai solar atau biosolar karena yang dimaksud adalah solar nonsubsidi.

"Nah di sini memang ada satu kerancuan di mana dituliskan solar atau biosolar. Yang kita maksud di situ adalah solar non subsidi sebetulnya. Namun karena ada misinteprerasi jadi kita pilih tunda dulu, tunggu waktu yang tepat," pungkas dia.


(WID)