TKI Terancam Hukuman Mati, NasDem Minta Pemerintah Berikan Pengawalan

Fauzan Hilal    •    Senin, 18 May 2015 16:20 WIB
tki bermasalah
TKI Terancam Hukuman Mati, NasDem Minta Pemerintah Berikan Pengawalan
Fraksi NasDem DPR RI menerima keluarga TKI bermasalah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah diminta memberikan perlindungan dan mengawal proses hukum yang dialami TKI di luar negeri. Sebab, masih ada keluarga TKI yang divonis hukuman mati belum mendapat kejelasan hukum.
 
Anggota DPR fraksi NasDem, Irma Chaniago mengatakan, pihaknya menerima aduan dari keluarga TKI yang divonis hukuman mati di Arab Saudi dan Tiongkok, kedua TKI adalah Wanipah dan Siti Komariyah.
 
“Mereka meminta bantuan anggota dewan untuk mengetahui kejelasan nasib Wanipah dan Siti Komariyah,” kata anggota Irma di ruang fraksi NasDem, Senin (18/5/2015).
 
Selain Irma, keluarga TKI yang datang didampingi Badan Advokasi Hukum (BAHU) NasDem dan Serikat Pekerja Indonesia Luar Negeri (SPILN) juga diterima Komisi IX Ali Maher.
 
Irma berjanji akan membantu memfasilitasi keluarga TKI tersebut dengan mengirim surat ke Kementerian Luar negeri, BNP2TKI serta kedutaan besar Indonesia yang berada di Tiongkok dan Arab Saudi agar mendapatkan informasi yang jelas.
 
“Kami akan berusaha mencari solusi. Duduk permasalahan harus jelas sehingga dapat dilakukan tindakan yang tepat, efektif dan efisien,” ujarnya.
 
Ketua Desk Perlindungan TKI BAHU NasDem, Wibi Andrino mengatakan, pihkanya akan bekerjasama dengan pemerintah untuk mengatasi masalah itu. Ia yakin, pemerintah mempunyai keinginan yang sama dengan Partai NasDem. “Pemerintah dan NaDem memiliki prinsip yang sama, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia sebagaimana termaktub dalam UUD 1945,” tegasnya.
 
BAHU dan SPILN berharap pemerintah dapat menfasilitasi keluarga korban agar dapat bertemu langsung dengan Wanipah dan Siti Komariyah di negara mereka di tempatkan.


(FZN)