Anies: Masih Ada Kecurangan dalam UN

Intan fauzi    •    Senin, 18 May 2015 18:25 WIB
ujian nasional
Anies: Masih Ada Kecurangan dalam UN
suasana unjian nasional (Foto:MTVN/LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) menjadi tolak ukur pemerintah untuk melihat kejujuran dalam pelaksanaan Ujian Nasional. Hasil IIUN menunjukkan masih ada kecurangan di berbagai daerah.
 
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Anies Baswedan mengatakan, kecurangan dalam pelaksanaan UN karena sikap diam dan mendiamkan. IIUN merupakan program yang sejalan dengan revolusi mental untuk perbaikan.
 
"Sudah lama ada, namun ada sikap diam dan mendiamkan. Jadikan IIUN sebagai baseline untuk perbaikan ke depan. Ini sejalan dengan semangat revolusi mental dalam pendidikan," kata Anies di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015).
 
Ia mengungkapkan, adanya kecurangan bukan akhir dari proses perbaikan. "Kami ingin membuat ini sebagai awal bukan sebagai akhir," ujarnya.
 
IIUN bukan saja ditujukan untuk bahan perbaikan integritas proses pendidikan di siswa, guru dan sekolah, tetapi juga untuk menegakkan kejujuran. "Ini adalah upaya kita untuk mengembalikan praktik kejujuran dan berintegritas diseluruh aspek kehidupan bangsa Indonesia," tandasnya.


(FZN)