Safety Riding

Motor Dilarang Masuk Tol, Alasannya Mudah Terjungkal!

Ekawan Raharja    •    Senin, 18 May 2015 20:22 WIB
safety riding
Motor Dilarang Masuk Tol, Alasannya Mudah Terjungkal!
Motor dilarang masuk tol, alasannya mudah terjungkal. Rorish/TMC

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua pekan lalu, 10 Mei, sebuah sepeda motor dengan bebas melaju di jalan tol ruas Tambun-Bekasi. Aksi nekat tersebut akhirnya dihentikan oleh seorang petugas polisi yang berpatroli di jalan tol. Tentu jadi tanda tanya, lantaran dikabarkan motor mudah terjungkal.

Asep Wawan, Instruktur Safety Riding PT Daya Adicipta Mustika, berkomentar bahwa bagaimana pun kendaraan roda dua dilarang masuk tol. Kendaraan roda dua yang mau masuk ke jalan tol harus mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

"Peraturan motor dilarang masuk jalan tol sudah ada. Kalau tidak ada keadaan yang mendesak atau ijin dari kepolisian, motor tidak boleh masuk ke jalan tol," papar Asep Wawan pada hari Senin, 18 Mei, melalui telepon.

Asep Wawan menjelaskan beberapa kondisi motor diperbolehkan masuk tol. Pria yang akrab disapa Awe tersebut mengambil contoh ketika banjir menggenangi Jabodetabek, kepolisian memperbolehkan motor masuk ke dalam tol. Atau contoh lainnya motor milik kepolisian sedang mengawal presiden, maka motor tersebut diperbolehkan masuk ke dalam jalan tol.

Tidak hanya sampai disitu saja, Awe juga menjelaskan bahaya mengenai motor yang melaju di jalan bebas hambatan (tol). Secara psikologis, biasanya pengendara motor yang melaju dengan kecepatan tinggi akan terlupa mengenai teknik berkendara, termasuk teknik pengereman. Jika motor melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan pengereman mendadak, bisa jadi motor tersebut terjungkal.

Peraturan mengenai larangan kendaraan bermotor roda dua melintas di jalan tol sudah cukup jelas. Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 pasal 38 Ayat (1) menjelaskan, "Jalan tol hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih."


(UDA)