Anggaran Belum Cair, KPU Klaim Telah Bentuk PPK dan PPS

Achmad Zulfikar Fazli    •    Senin, 18 May 2015 21:37 WIB
pilkada serentak
Anggaran Belum Cair, KPU Klaim Telah Bentuk PPK dan PPS
Ketua KPU Tangerang Selatan mengambil sumpah jabatan Ketua Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) dan Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Tangsel di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Senin (18/5). (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengklaim telah membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Padahal, anggaran pilkada 2015 di beberapa daerah tak kunjung cair.

"Semua sudah berjalan (pembentukan PPK dan PPS). Laporan yang kita terima sudah terbentuk semua," kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas kepada Metrotvnews.com di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (18/5/2015).

Sigit mengakui masih ada sejumlah daerah yang belum dapat mencairkan anggaran pilkada. Namun, kata dia, masalah tersebut tidak mengganggu proses pembentukan PPK dan PPS yang telah berjalan. "Karena mereka bisa menalanginya dengan uang iuran rutin (hingga anggaran cair)," pungkas dia.

Pilkada serentak tahap pertama akan dilaksanakan pada Desember nanti. KPU telah memberikan batasan waktu terhadap daerah yang akan menyelenggarakan pilkada serentak untuk menyerahkan daftar PPK dan PPS sebelum 18 Mei.

Pendaftaran PPK dan PPS punya arti penting dalam pelaksanaan pilkada. Jika pembentukan PPK dan PPS tak rampung sesuai jadwal, KPU akan memutuskan menunda tahapan pilkada di daerah itu sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2015 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Pilkada.


(OGI)