Sidang Praperadilan Hadi Poernomo Dilanjutkan Siang Ini

Arga sumantri    •    Selasa, 19 May 2015 06:39 WIB
hadi poernomo
Sidang Praperadilan Hadi Poernomo Dilanjutkan Siang Ini
Mantan Dirjen Pajak Hadi Poernomo menjalani sidang perdana praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin 18 Mei 2015. Antara Foto/Hafidz Mubarak

Metrotvnews.com, Jakarta: Sidang praperadilan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Hadi Poernomo akan dilanjutkan pada Selasa (19/5/2015) siang ini. Agenda sidang kali ini adalah pemberian bukti tertulis dari Hadi Poernomo dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pada Senin 18 Mei kemarin, disidang digelar selama tujuh jam lebih. Hakim praperadilan Haswandi kemudian menutup jalannya sidang yang beragendakan pembacaan permohonan dari pihak pemohon Hadi Poernomo, dan mendengar jawaban dari pihak termohon KPK.

"Oleh karena kita sudah mendengar permohonan dari pihak pemohon dan jawaban dari pihak termohon. Jadi sidang dilanjutkan besok dengan agenda bukti tertulis dari pemohon sekaligus dari termohon," kata Hakim Haswandi di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jalan Raya Ampera, Jakarta Selatan, Senin (18/5/2015).

Sidang praperadilan yang dimulai sekira pukul 09.56 WIB pada Senin kemarin berjalan cukup panjang. Hadie Poernomo, yang duduk di ruang sidang tanpa didampingi pengacara, membacakan langsung permohonan gugatan praperadilan.

Hadi terlihat begitu lelah membacakan berkas permohonan gugatan praperadilan setebal 60 halaman. Tak kurang dari lima kali, sidang terpaksa di skors karena mantan dirjen pajak itu meminta izin kepada hakim untuk minum dan istirahat.

Selepas makan siang, sekira pukul 14.00 WIB, sidang praperadilan dimulai kembali dengan agenda mendengar jawaban dari pihak KPK. Lima kuasa Hukum KPK yang duduk di ruang sidang saling bergantian membacakan berkas jawaban permohonan gugatan praperadilan setebal 103 halaman.

Butuh waktu tiga jam lebih bagi KPK menjabarkan jawaban atas permohonan gugatan praperadilan Hadi Poernomo. Hakim Haswandi pun kemudian menutup sidang sekira pukul 17.30 WIB.


(OGI)