Malam Ini Jenazah Dubes RI untuk Pakistan Diperkirakan Tiba di Jakarta

Fajar Nugraha    •    Selasa, 19 May 2015 07:21 WIB
kecelakaan helikopter
Malam Ini Jenazah Dubes RI untuk Pakistan Diperkirakan Tiba di Jakarta
Rumah Sakit General Hospital di Singapura tempat dirawat Dubes Burhan Muhammad (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Singapura: Duta Besar Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad wafat di Singapura pada pukul 00.50. Jenazahnya akan dibawa ke Tanah Air dan diperkirakan tiba malam ini.

Kepala Protokoler dan Konsuler Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Sukmo Yuwono, menjelaskan protokol yang diambil untuk pemulangan jenazah.

Tahapan yang akan dilakukan untuk pemulangan antara lain, seperti yang dijelaskan Sukmo saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (19/5/2015).

Pukul 06.00 jenazah dipindah ke kamar jenazah.
Pukul 08.00 pendaftaran jenazah.
Pukul 08.30 viewing oleh family (jenazah diperlihatkan kepada keluarga).
Pukul 10.00 viewing dengan state coroner (jenazah diperiksa koroner).
Pukul 10.30 baru ketahuan perlu otopsi atau tidak.
Pukul 11.00 dibawa ke casket company (pengurus jenazah)untuk dibersihkan dan dikafani dan disalatkan dan selesai pukul 2 siang.

"Target (pulang dengan) penerbangan pukul 17.35 dengan (Garuda Indonesia) GA835 sampai Jakarta Pukul 18.05 atau pukul 18.45 dengan GA837 dengan perkiraan ketibaan di Jakarta pukul 19.49," jelas Sukmo.

Pada 8 Mei lalu, terjadi kecelakaan helikopter rombongan duta besar di Paskistan. Insiden itu menewaskan tujuh orang, termasuk istri dari Dubes Burhan, Hery Listyawati. Sementara, Burhan mengalami luka bakar serius.

Burhan kemudian dibawa untuk menjalani perawatan di Singapura pada 12 Mei lalu. Kondisinya sempat membaik usai menjalani operasi. Namun, Burhan akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Selasa dini hari tadi.


(FJR)