Ini Jalur Evakuasi Pendaki Erri Yunanto

Pythag Kurniati    •    Selasa, 19 May 2015 09:17 WIB
pendaki jatuh di kawah merapi
Ini Jalur Evakuasi Pendaki Erri Yunanto
Foto: Tim SAR gabungan bersiap menyelamatkan pendaki Erri Yunanto yang terperosok di kawah Gunung Merapi/Ant_Aloysius Jarot Nurgoho

Metrotvnews.com, DI Yogyakarta: Tim search and rescue (SAR) gabungan akan melanjutkan evakuasi pendaki Gunung Merapi yang terjatuh ke dalam kawah gunung, Erri Yunanto, 21, mahasiswa Atma Jaya Yogyakarta. Evakuasi yang dilakukan sejak Senin (18/5/2015) kemarin, sempat dihentikan karena mempertimbangkan keselamatan evakuator.

"Kami mempertimbangkan keselamatan evakuator juga, karena sangat berbahaya jika melakukan evakuasi pada malam hari,” kata Staf Pencarian dan Evakuasi Tim SAR gabungan, Irwan Santosa, kepada Metrotvnews.com, di Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin malam.

Irwan mengatakan evakuasi kemarin berlangsung sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB. Evakuator terpaksa menghentikan perjalanan di malam hari guna mempertimbangkan keselamatan tim saat membawa jenazah turun.

"Jam enam kami melakukan perintisan dari puncak sampai dasar kawah. Kemudian kami pastikan posisi kami dapat menjangkau posisi korban. Setelah itu sudah disampaikan bahwa kami melakukan pengangkatan dengan sistem estafet. Jadi ini tidak bisa langsung tarik ke atas," ujarnya.

Hari ini (19/5/2015), tim SAR akan melanjutkan perjalanan evakuasi menuju Selo yang berada di kaki Gunung Merapi sebelah timur. Perjalanan akan melintasi Pasar Bubrah Merapi.

"Selanjutnya, tim SAR akan membawa Erri turun melalui Pasar Bubrah yang diperkirakan 200 meter dari kawah. Kemudian menuju Pos 1. Dari Pos 1 ke Pos 2, kemudian ke pintu masuk, baru ke Selo,” kata Irwan.

Belum dapat diperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa Erri menuju kaki Gunung Merapi. Tim SAR yang berada di Selo juga belum mengetahui kondisi Erri setelah dikeluarkan dari bibir kawah. Hingga berita ini disusun, tim SAR dan jenazah Erri belum tiba di kaki Gunung Merapi.

 


(TTD)