Gaji Pejabat bakal Naik Tahun ini

- 31 Januari 2013 06:06 wib
<p>Ilustrasi---DokMI/ip</p>

Ilustrasi---DokMI/ip

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan Rebiro) berharap gaji pejabat negara naik pada tahun ini, meliputi presiden, wakil presiden, menteri, anggota MPR-DPR, gubernur serta bupati-wali kota.

"Harapannya di atas gaji sekretaris daerah (sekda)," kata Menpan dan Rebiro Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (30/1).

Azwar menyebutkan gaji pokok menteri saat ini senilai Rp6 juta dan jika digabung dengan tunjangan sebesar Rp19,6 juta. Sementara itu, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 pasal 76 ayat (2) menyebutkan tunjangan tidak boleh melebihi gaji pokok.

"Jika gaji pokok Rp4 juta, sementara tunjangan Rp40 juta, penaikan gaji pokok bisa Rp50 juta, negara bisa teriak," katanya.

Menurut dia, penaikan gaji tersebut juga sesuai dengan kinerja pejabat negara. "Tugas kami kan dinamis harus bergerak ke sana kemari, ke daerah satu dan yang lain. Jadi gaji dan tunjangan yang hanya sejumlah tersebut, ya sulit. Ini dilematis karena masyarakat takut beranggapan lain," katanya.

Menurut dia, jika gaji pokok tidak boleh melebihi tunjangan akan menyulitkan pembayaran dana pensiun. Namun, dia mengaku akan memproses penaikan gaji tersebut agar sesuai dengan kinerja pejabat.

"Penaikan tunjangan itu signifikan. Perlu dipikirkan dan disesuaikan dengan bobot dan tolok ukur kerja. Penaikan gaji menteri menjadi Rp20 Rp25 juta," katanya. (Ant/OL-04)

()

MESKI sudah tercapai kata islah atau damai, namun kubu Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suryadharma…