UN SD Dihapus, Ini yang Menjadi Penentu Kelulusan

Ilham wibowo    •    Selasa, 19 May 2015 10:29 WIB
ujian sd
UN SD Dihapus, Ini yang Menjadi Penentu Kelulusan
Ujian Nasional SD (Foto: Antara/Maulana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional diketahui telah mengganti Ujian Nasional (UN) tingkat SD dengan Ujian Sekolah (US). Namun hasil itu tidak menjadi penentu kelulusan pelajar.
 
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kabalitbang Kemendikbud), Furqon mengatakan, berdasarakan Peraturan Kabalitbang Kemdikbud No.9/H/HK/2015 tentang Prosedur Operasional Standar Ujian Sekolah SD/MI, SDLB dan Paket A. Kelulusan ditentukan oleh kehadiran siswa dari kelas satu hingga enam dan memperoleh nilai baik untuk seluruh mata pelajaran dan muatan lokal.
 
“Tidak ada lagi UN untuk tingkat SD, mereka hanya mengikuti US. Semua diserahkan ke satuan pendidikan Ujian Sekolah dan Madrasah sejak tahun 2014," kata Furqon di Gedung Kemendikbud, Selasa (19/5/2015)
 
Penyelenggaraan US tingkat SD bertujuan untuk membandingkan raihan belajar antardaerah. Furqon mengatakan, Kemendikbud hanya memberikan 25 persen materi soal US SD dan sisanya berasal dari Dinas Pendidikan Provinsi. "Kemdikbud hanya memantau, materi 25 persen ini untuk mendata, agar (hasil ujian) bisa dikomparasikan antardaerah," jelas Furqon.
 
Kemdikbud wajiab menetapkan kisi-kisi soal untuk pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan Pendidikan Kewarganegaraan.
 
Seperti diketahui, US tingkat SD sederajat digelar secara serentak mulai Senin hingga Rabu 17-20 Mei, dengan mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial, agama, PPKN, Bahasa Inggris, dan muatan lokal.
 


(FZN)