Pelindo III Berharap Bisa Penuhi Target Dwelling Time

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 19 May 2015 12:54 WIB
pelindo
Pelindo III Berharap Bisa Penuhi Target <i>Dwelling Time</i>
Target dwelling time (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Djarwo Sujanto menjelaskan, setelah pembangunan tahap I Pelabuhan Teluk Lamong, maka kapasitas yang terpasang di pelabuhan tersebut sudah mencapai satu juta TEUs atau peti kemas dengan ukuran 20 kaki per tahun. Setelah ini, siap akan dilanjutkan pada tahap II.

"Peralatannya sudah kita pesan dan akan datang. Tahun depan kita sudah ada tambahan lagi. Tiga sisi internasional dan dua sisi domestik. Sisi itu STS (Ship to Shore) ya. Nanti komposisinya lima internasional dan lima domestik," ujarnya, di Kantor Kemenhub, Jalan Merdeka Barat Nomor 8, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Dengan peralatan tersebut, Pelindo III berharap waktu tunggu bongkar muat atau dwelling time di Pelabuhan Teluk Lamong diharapkan bisa sesuai dengan ketentuan pemerintah yaitu 4,7 hari untuk jalur internasional. "Minimum (Pelindo III) harus memenuhi target pemerintah yaitu 4,7 hari," sambung dia.

Dirinya menambahkan, selama ini Terminal Teluk Lamong belum melayani operasional trafik untuk internasional, hanya operasional trafik yang domestik saja.

"Tanjung Perak pelayanan internasionalnya masih oke. Artinya, fasilitasnya masih cukup tersedia. Yang setengah mati itu di kelas domestik yang kemarin sebelum Teluk Lamong jadi waktu tunggunya 1,5 sampai 2 hari. Setelah Teluk Lamong jadi sudah mulai terurai," pungkasnya.


(ABD)