Konsultasi

Gimana Cara Menyadari Alam Bawah Sadar Kita Sedang Berproses?

   •    Selasa, 19 May 2015 14:23 WIB
dunia pikiran
Gimana Cara Menyadari Alam Bawah Sadar Kita Sedang Berproses?
Pikiran bawah sadar mengendalikan kita. (Foto:moroccoworldnews.com)

Siang Pak Agus,

Saya mau bertanya, bagaimana cara kita menyadari bahwa alam bawah sadar kita sedang berproses? Selain itu, bagaimana cara mempertajam sistem kerja alam bawah sadar kita?


Terima kasih

M. Sahlullah, Pasuruan-Jawa Timur


Jawaban:

Dear Pak Sahlullah, terima kasih atas pertanyaannya. Pada dasarnya, pikiran bawah sadarlah yang mengendalikan semua perilaku kita. Hampir 100 persen kegiatan yang tidak memerlukan pemikiran, yang otomatis, yang spontan, itu merupakan proses bawah sadar. Intuisi, ilham, mimpi, semua berasal dari pikiran bawah sadar. Termasuk pengendalian dari sistem tubuh kita.

Salah satu contoh kebiasaan, seperti pada saat kita bangun pagi, apakah kita bisa menyadari atau mengingat kaki mana yang menginjak lantai duluan tadi pagi? Karena kebiasaan, kita melakukannya tanpa "kehadiran" pikiran sadar kita. Ini adalah salah satu bentuk dari proses bawah sadar yang sederhana. Contoh lain adalah kita bisa mengemudikan mobil tanpa harus memikirkan bagaimana cara memindahkan perseneling, rem dan gas. Dan reaksi kita pada saat kita harus rem mendadak. Jika itu dilakukan oleh pikiran sadar, maka kita sudah pasti menabrak.

Nama pikiran bawah sadar (juga dikenal dengan pikiran tidak sadar) itu sendiri menunjukkan bahwa pikiran sadar tidak menyadari apa yang dilakukan atau diproses oleh pikiran satunya. Karena itulah, pikiran yang satu ini disebut pikiran bawah sadar.

Yang bisa kita lakukan untuk menyadari apa yang bawah sadar bisa berikan pada kita adalah menenangkan diri. Ide, ilham dan intuisi-pun hanya akan muncul ketika kita tenang. Kita bisa meningkatkan kesadaran pada pikiran bawah sadar kita dengan meditasi, zikir, maupun doa. Melatih diri menyadari setiap tindak tanduk yang kita lakukan, yang selama ini terjadi tanpa perlu proses pemikiran sadar kita seperti menyadari langkah kaki, menyadari kata-kata yang akan kita keluarkan sebelum kita mengeluarkannya akan membantu kita menyadari proses-proses bawah sadar.

Hal penting yang perlu digaris bawahi adalah salah satu hukum pikiran, semakin besar usaha pikiran sadar, semakin kecil respon bawah sadar. Dalam kejadian sehari-hari contohnya begini, Pernahkah Anda bertemu dengan teman lama, namun Anda sungkan mau bertanya siapa namanya, jadi Anda terus bertanya dalam hati, siapa namanya berkali-kali. Apakah Anda mendapatkan jawabannya? Tidak! Karena semakin sering kita bertanya, terutama untuk sesuatu yang memerlukan ketenangan dan sedikit waktu bagi pikiran bawah sadar untuk menemukan jawabannya, maka sama saja kita tidak memberikan "ruang kerja" kepada bawah sadar. Pikiran bawah sadar sibuk menerima pertanyaan dari kita. Kemudian, Anda pun berpisah dengan teman Anda. Anda juga tidak lagi bertanya siapa namanya. Dalam kondisi ini, pikiran bawah sadar memiliki waktu untuk mencari jawaban yang Anda butuhkan. Dan BINGO, nama teman Anda muncul. 

Untuk mempertajam prosesnya, masukkan data-data yang banyak dan relevan. Itulah mengapa seorang ahli, orang yang melakukan apa yang ia lakukan puluhan ribu jam, memiliki intuisi yang sangat tajam, karena ia terus-menerus memasukkan data-data, kejadian-kejadian, situasi-situasi yang spesifik dan semua disimpan di bawah sadarnya. Dan saat ia membutuhkan, pikiran bawah sadar akan memberinya referensi.

Sekilas mengenai konsultasi ini KLIK TAUTAN DI SINI

Agus Setiawan, C.Ht
Subconscious Coach, Penulis 3 Buku Laris Bacakilat, The Art of Reading & Bacakilat For Student.
CEO Aquariuslearning.co.id
Master Trainer dari Bacakilat.com 



(LOV)

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

2 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA