Wow, Ada Pohon Mahkota di Jepang

Dwi Ayu Rochani    •    Selasa, 19 May 2015 15:52 WIB
wisata
Wow, Ada Pohon Mahkota di Jepang
Yukitsuri di Jepang. (Foto:Amusingplanet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selama musim dingin, banyak pohon di taman Jepang tumbuh dengan tidak wajah atau aneh. Salah satunya, ada sebuah pohon yang terlihat berbentuk kerucut menyerupai mahkota. 

Bagi Anda, mungkin pohon ini berbentuk aneh. Tetapi, pohon ini memang sengaja dibentuk sedemikian rupa untuk melindungi pohon dari salju.
 
Pohon itu disebut Yukitsuri atau sering disebut ‘Salju Suspender’. Untuk membangun Yukitsuri melibatkan beberapa tiang bambu panjang yang diikat di dekat batang pohon, dan kemudian menurunkan tali dari atas tiang harus terpasang ke cabang-cabang untuk mencegahnya kendur.


(Penopang salju/foto:amusingplanet)
 
Pohon ini memang indah untuk dipandang, apalagi jika di malam hari. Beberapa lampu taman tepat di bawah pohon yang menyala di cabang-cabang tali memperlihatkan keindahan pohon ini. Dengan salju yang jatuh lembut di sekitarnya, menggambarkan musim dingin yang sangat indah di Jepang.
 
Meskipun asal muasal yukitsuri tidak diketahui, hal ini diyakini telah dimulai pada zaman Edo (1603-1868). Hal ini berlaku umum termasuk para petani di Northern Honshu yang memangkas pohon apel sedemikian rupa untuk menghindari pohon terbebani dengan salju dan buah.


(Yukitsuri saat malam/foto:amusingplanet)

Yukitsuri adalah pemandangan umum di Kanazawa dan Kenrokuen Garden selama bulan-bulan musim dingin. Yukitsuri juga dapat dilihat di Hibiya Park, Jindai Botanical Garden, Taman Yoyogi dan Taman Inokashira di Tokyo. Meskipun Tokyo tidak lagi bermusim salju, yukitsuri masih dibangun sebagai simbol untuk kedatangan musim dingin. (Amusingplanet)


(LOV)