Pilkada Serentak 2015

Pilkada Makin Dekat, Rekrutmen PPS & PPK Terkendala Anggaran

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 19 May 2015 15:54 WIB
pilkada serentak
Pilkada Makin Dekat, Rekrutmen PPS & PPK Terkendala Anggaran
Husni Kamil Manik menghadiri rapat kerja persiapan Pilkada Serentak 2015 di Balai Kartini, Jakarta, Senin 4 Mei 2015. Antara Foto/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftaran calon kepala daerah dibuka pada 26 hingga 28 Juli 2015. Namun, beberapa daerah belum merampungkan pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Ketua KPU, Husni Kamil Manik, mengatakan sesungguhnya rekrutmen PPK dan PPS jatuh tempo kemarin, Senin 18 Mei. Sejumlah daerah belum menyelesaikan proses rekrutmen karena beberapa kendala. Salah satunya, belum ada peserta yang lolos seleksi PPK dan PPS.

"Seluruh daerah sudah melakukan proses rekrutmen, hanya saja ada masalah dalam rekrutmen. Masih ada yang kurang akibat jumlah peserta yang memenuhi syarat masih kurang. Karena itu KPU kabupaten/kota masih melakukan rekrutmen," kata Husni di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Selain itu, sejumlah daerah masih mengalami kendala anggaran yang tak kunjung dicairkan oleh pemerintah daerah. Seperti di Mentawai Selatan dan Papua Barat.

"Karena tidak punya anggaran yang cukup untuk rekrutmen tersebut. Dengan anggaran rutin tidak cukup karena sudah digunakan untuk belanja. Sementara APBD belum cair," jelasnya.

Dia menyampaikan KPU telah memerintahkan kepada KPU daerah untuk tetap mengupayakan pembentukan PPK dan PPS. "Hingga waktu yang ditentukan," tandas dia.


(TRK)

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

Tim Dokter Pastikan Kondisi Setnov Mampu Jalani Sidang

46 minutes Ago

Terdakwa kasus korupsi ktp-el Setya Novanto menjalani sidang perdana. Dalam sidang tersebut, ti…

BERITA LAINNYA