Isu Pengungsi Tak Bisa Diatasi Indonesia Sendiri

Fajar Nugraha    •    Selasa, 19 May 2015 15:56 WIB
rohingya
Isu Pengungsi Tak Bisa Diatasi Indonesia Sendiri
Juru Bicara Kemlu RI Arrmanatha Nasir (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia, Malaysia dan Thailand akan melakukan pertemuan untuk membahas masalah pergerakan pengungsi. Kementerian Luar Negeri menilai masalah ini tidak bisa diatasi Indonesia sendiri.

"Pertemuan berlangsung antara Malaysia, Indonesia dan Thailand. Pertemuan informal antara ketiga menteri untuk membahas irreguler movement persons," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir, di Ruang Palapa, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Sementara pada 29 Mei 2015 mendatang, juga akan dilangsungkan pertemuan serupa. Pertemuan berlansung dalam tingkat dirjen dan membahas dalam konteks penyelundupan manusia.

Mengenai keikutsertaan Myanmar, Arrmanatha menambahkan ini merupakan hasil pembahasan Presiden Joko Widodo dan PM Malaysia. Ini adalah salah satunya usulan Indonesia untuk menggunakan niat baik Malaysia sebagai Ketua ASEAN dan salah satu negara yang menghadapi masalah sama seperti Malaysia dan Thailand.

"Isu ini tidak bisa ditangani sendiri oleh negara recepient country, transit atau origin (negara tujuan, negara transit atau negara asal). Isu ini udah lama dihadapi kawasan kita," tegas Arrmanatha.

Menurut Arrmanatha sudah ada beberapa frame untuk membahas masalah pengungsi. Termasuk di antara Bali Process dan Jakarta Meeting pada 2013 yang membahas pergerakan pengungsi. Konsultasi harus digunakan untuk menentukan mekanisme penyelesaian.

 


(FJR)