Ada 12 Ribu Pengungsi Rohingya di Indonesia

Desi Angriani    •    Selasa, 19 May 2015 15:56 WIB
rohingya
Ada 12 Ribu Pengungsi Rohingya di Indonesia
Pendataan pengungsi Rohingya---Ant/Syifa

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut jumlah pengungsi Rohingya yang berada di Indonesia mencapai 12 ribu jiwa. Jumlah tersebut hingga kini masih diverifikasi untuk menunggu penempatan di negara ketiga.

"Sudah ada pengungsi yang berada di Indonesia yang jumlahnya 11.941," ujar Retno di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Retno menjelaskan Indonesia bukan negara yang meratifikasi Konvensi tentang Pengungsi. Tapi Indonesia menerima prinsip non-refoulement. Di mana pemerintah memberikan shelter atau penampungan terhadap pengungsi.

"Kita sudah bekerja sama dengan UNHCR dan IOM, kita sudah take care mereka, baik dalam bentuk penyediaan shelter, papan, pangan, dan obat-obatan yang diperlukan apabila kondisi kesehatan mereka tidak baik," papar dia.

Menurutnya, tragedi kemanusiaan Rohingya bukan hanya tanggung jawab Indonesia. Retno menilai, pengungsi Rohingya merupakan isu internasional sehingga membutuhkan kerja sama semua pihak untuk penyelesaiannya.

"Saya ingin menekankan sekali lagi, masalah regular migrant bukan masalah satu atau dua negara. Ini adalah masalah regional, dan di tempat lain juga terjadi, sehingga ini juga menjadi masalah internasional," kata dia.

Rohingya merupakan salah satu etnis Muslim yang sejak ratusan tahun hidup di Myanmar. Namun pemerintah junta militer di negara itu, bersama rakyatnya yang mayoritas Buddhis menolak mengakui kehadiran mereka. Konflik berlatar sentimen etnis akhirnya pecah pada 2012 lalu. Konflik memakan korban ratusan jiwa.

Organisasi Internasional untuk Migrasi memperkirakan sekitar 25 ribu Muslim Rohingya dan warga Bangladesh diselundupkan keluar dengan kapal sejak Januari hingga Maret 2015. Bahkan diperkirakan masih ada sekitar 8.000 orang lagi yang terjebak di Selat Malaka dan perairan sekitarnya.


(TII)