Respon Provokasi Korut, Korsel Uji Coba Misil Terbaru

Willy Haryono    •    Selasa, 19 May 2015 15:59 WIB
perang korea
Respon Provokasi Korut, Korsel Uji Coba Misil Terbaru
Kapal amfibi Korsel dalam latihan militer di Pohang, Korsel, 30 Maret 2015. AFP / JUNG YEON-JE

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan menggelar latihan militer di wilayah pesisir timur yang meliputi misil anti-pesawat dan jet tempur, Selasa (19/5/2015). 

Latihan angkatan laut dan udara yang melibatkan 20 kapal perang ini merupakan respon Korsel terhadap uji coba misil balistik kapal selam Korea Utara. 

"Latihan yang sedang berlangsung melibatkan misil kendali anti-pesawat dan pelatihan strategis lainnya untuk pasukan laut dan udara. Tujuannya untuk merespon provokasi Utara di lautan," ucap juru bicara Wakil Menteri Pertahanan Korut, Na Seung-yong, seperti dikutip AFP.

Presiden Korea Selatan Park Geun-hye meyebut uji coba misil balistik kapal selam Korea Utara sebagai "ancaman serius" terhadap stabilitas di regional Asia. 

Dua pekan lalu, kantor berita Korut melaporkan kesuksesan uji coba sistem misil SLBM di bawah pengawasan pemimpin Kim Jong-un. 

"Pengembangan SLBM yang dilakukan Pyongyang adalah ancaman serius terhadap stabilitas semenanjung Korea dan wilayah timur laut Asia," ujar Park dalam pertemuan dengan sejumlah menteri senior dan penasihat keamanan nasional di Seoul. 

Park menegaskan pihaknya akan membalas secara tegas terhadap provokasi Korut, terutama di dekat wilayah perbatasan Laut Kuning. 

Dalam sepekan terakhir, Pyongyang juga mengeluarkan tiga peringatan terhadap Korsel. Mereka akan langsung menembak kapal patroli negara tetangganya yang dituding kerap melanggar perbatasan.

Seoul membantah adanya pelanggaran batas wilayah perairan. 



(WIL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

13 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA