Pemprov DIY akan Bantu Pemulangan ABK yang Tewas di Senegal

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 19 May 2015 17:03 WIB
tki
Pemprov DIY akan Bantu Pemulangan ABK yang Tewas di Senegal
Ilustrasi jenazah, metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Raka Bayu Anggara, 22, salah satu anak buah kapal (ABK) tewas di perairan Senegal, belum dipulangkan ke rumah duka di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pemerintah Provinsi Yogyakarta pun akan membantu pemulangan Raka ke keluarganya.

Raka bekerja di sebuah kapal. Namun beberapa hari lalu, Raka meninggal dalam perjalanan ke Senegal. Kabarnya, ia meninggal akibat kekurangan gizi dan nutrisi saat bekerja.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta (Disnakertrans DIY), Sigit Saptorahardjo mengatakan Raka merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) legal. Hanya saja, ia bekerja di luar negeri melalui Balai Penyelamatan, Penempatan, dan Perlindung TKI (BP3TKI) Jawa Tengah.

Kendati demikian, meskipun Raka tidak terdaftar dalam list TKI Pemerintah DIY, pihaknya akan terlibat langsung dalam pemulangan jenazahnya. "Semua biaya pemulangannya akan ditanggung pemerintah," kata Sigit ketika dihubungi Metrotvnews.com, Selasa (19/5/2015).

Sigit mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan BP3TKI DIY dan BP3TKI Jawa Tengah. Sebabnya, selain Raka, juga ada empat ABK lain yang juga bernasib nahas.

Mereka yakni Rasjo Lamtoro (Tegal), Ruhijatna Noviansyah (Subang), Sardi (Brebes), serta Heri Edmon Lusikooy (Surabaya). Jenazah mereka hingga kini masih berada di Senegal. Perusahaan penyalur para TKI bekerja di luar negeri justru tak memberi kabar untuk memberikan tanggung jawab.

Kepala BP3TKI DIY, Supardjo mengaku telah meminta berkas kelengkapan kepada keluarga Raka di Gunungkidul guna pemulangan jenazah. Usai melengkapi berkas itu, pihaknya melanjutkan koordinasi dengan Kementerian Luar Negeri.

"Kami meminta ke depan masyarakat hati-hati memilih perusahaan penyalur jasa TKI," kata dia.


(RRN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA