Laurens: Putusan PTUN Soal Pilkada Keliru

Al Abrar    •    Selasa, 19 May 2015 17:16 WIB
golkar
Laurens: Putusan PTUN Soal Pilkada Keliru
Laurens Siburian----Ant/Fanny Oktavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengurus DPP Golkar versi Munas Jakarta menilai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta soal kepengurusan Munas Riau yang berlaku dan berhak mengikuti pilkada adalah keliru. Masalah siapa yang berwenang ikut pilkada bukan objek gugatan.

Menurut Ketua DPP Golkar kubu Munas Jakarta, Laurens Siburian, objek yang diadili adalah Surat Keputusan Menkumham Yasonna Laoly pada 23 Maret 2015. SK itu mengesahkan kepengurusan Golkar kubu Agung Laksono.

"Saya kira keliru, karena obyek yang diadili adalah Surat Keputusan Menkumham yang mengesahkan kepengurusan Agung Laksono, bukan soal pilkada," kata Laurens Siburian di Kantor Kemenkumham, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2015).

Laurens menilai, hakim tidak mempunyai kewenangan untuk memutuskan kepengurusan mana yang sah ikut pilkada. Tidak ada di antara dua kubu, baik Golkar kubu Aburizal maupun Agung, yang memperdebatkan soal pilkada.

"Padahal tidak ada di antara kita (penggugat dan tergugat) yang berbicara soal pilkada," imbuh dia.

Dia menilai, majelis hakim yang dipimpin oleh Teguh Satya Bhakti itu telah memutuskan perkara dengan melampaui kewenangannya.

"Hakim itu ultra petita, atau memutus melampui yang diminta para pihak. Padahal penggugat dan tergugat tidak ada yang membicarakan masalah pilkada," kata Laurens.


(TII)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

4 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA