Juni, PPN Tol 10% akan Kembali Diterapkan

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 19 May 2015 19:42 WIB
pajak
Juni, PPN Tol 10% akan Kembali Diterapkan
Direktur Jenderal Pajak Sigit Priadi Pramudito (kiri). Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan nampaknya tidak menyerah untuk cepat menerapkan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk pengguna jalan tol sebesar 10 persen. Padahal sebelumnya, kebijakan ini gagal diberlakukan pada 1 April lalu dan ditunda karena dinilai tidak tepat waktu.

Direktur Jenderal Pajak, Sigit Priadi Pramudito memberi sinyal, akan merevisi aturan hukum berupa Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-10/PJ/2015 tentang Tata Cara Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai atas Penyerahan Jasa Jalan Tol yang dicabut ketika itu.

"Nanti bulan Juni, itu pun untuk ruas tol tertentu. Kita lihat rencana Jasa Marga, terkait ruas mana yang akan naik tahun ini dan tahun depan," kata Sigit di kantornya, Jakarta Selatan, Selasa (19/5/2015).

Dalam aturannya nanti, lanjut Sigit, akan dipertimbangkan pula usulan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang meminta untuk memberi pengecualian pada kendaraan-kendaraan bermuatan besar.

"Untuk mobil-mobil besar yang mengangkut kebutuhan rumah tangga, jangan dikenakan karena itu akan berdampak pada peningkatan harga nanti," pungkasnya.


(WID)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA