Besok, Revisi UU Pilkada Diproses di Komisi II

Surya Perkasa    •    Selasa, 19 May 2015 20:08 WIB
pilkada serentak
Besok, Revisi UU Pilkada Diproses di Komisi II
Rambe Kamarulzaman----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi II menyatakan sikap akan terus mendorong Revisi Undang-undang Pemilihan Kepala Daerah (UU Pilkada). Rancangan usulan UU tersebut akan diproses Rabu 20 Mei besok.

"Besok, anggota Komisi II bersikap mengusulkan revisi, termasuk ketuanya," kata Ketua Komisi II Rambe Kamarulzaman usai Rapat Internal Komisi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

Rambe mengatakan, seluruh proses ini harus mengikuti prosedur yang ditetapkan UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Penyusunan Peraturan Perundang-undangan. Karena itu, setiap fraksi akan dimintai sikap resmi soal revisi ini.

"Sikap fraksi besok resminya (menerima atau tidak)," kata Rambe.

Politikus Golkar itu juga menegaskan revisi tidak dilakukan dengan motif untuk mengakomodisi kepentingan partai tertentu. Melainkan, untuk melengkapi beberapa poin yang terlewat.

Ia mencontohkan soal wakil kepada daerah tidak dijelaskan di beberapa pasal UU Pilkada terbaru. Serta terkait aturan standar anggaran Pilkada.

Setelah diusulkan, usulan rancangan dibahas dengan tahap yang telah diatur UU. Usulan disampaikan ke Badan Legislasi (Baleg). Dalam pengajuan ini, pembahasan dengan pemerintah juga dilakukan.

Jika pemerintah setuju, Baleg kemudian mengirim surat ke pimpinan. Jika pimpinan juga telah menyetujui, Badan Musyawarah kemudian membawa usulan ke Rapat Paripurna.

Namun jika pemerintah tidak setuju, Rambe menyebut tak mempersoalkan. "Palingan ya tidak bisa direvisi. Cuma bagaimana menjawab PKPU? Pemerintah punya cara tidak?," pungkas Rambe.


(TII)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA