Tampung Etnis Rohingya, JK: Kita Pernah Dibantu Saat Susah

Dheri Agriesta    •    Selasa, 19 May 2015 20:23 WIB
rohingya
Tampung Etnis Rohingya, JK: Kita Pernah Dibantu Saat Susah
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: M Agung Rajasa/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah dan beberapa negara tetangga tengah memikirkan penanganan pengungsi Rohingya. Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan Indonesia akan melakukan segala upaya untuk membantu pengungsi dari daerah konflik itu.

Pemerintah, kata JK, akan mencari jalan keluar untuk menangani pengungsi serta membantu mendamaikan pihak yang berkonflik. Indonesia bukan negara yang tak pernah susah. Tapi, saat kesulitan, selalu saja mengalir bantuan untuk Indonesia.Nah, menurut dia, sekarang waktunya Indonesia mengulurkan tangan.

"Bagaimana kita berpikir kemanusiaan. Indonesia kan negara besar. Kita kan juga dulu negara pernah susah waktu kemerdekaan, waktu bencana kita kan dibantu orang. Kalau orang sekarang susah, kita balik membantunya," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Selasa (19/5/2015).

Pemerintah, kata JK, sedang mempertimbangan berbagi opsi demi kemanusiaan. Namun, JK enggan membeberkan arahan yang disampaikannya kepada Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi terkait penanganan pengungsi Rohingya ini.

"Lagi dihitung apa yang cocok demi kemanusiaan. Nantilah, masa semua yang disampaikan ke menteri (disampaikan ke kalian). Nanti lah," tandas JK.

Catatan Kementerian Luar Negeri, total ada hampir 12 ribu etnis Rohingya yang mengungsi di Indonesia.


(KRI)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA