Marty: Banyak Diplomat Pertaruhkan Keselamatan Diri

Fajar Nugraha    •    Rabu, 20 May 2015 02:08 WIB
kecelakaan helikopter
Marty: Banyak Diplomat Pertaruhkan Keselamatan Diri
Mantan Menlu RI Marty Natalegawa (Foto: Fajar Nugraha/MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyebutkan banyak diplomat dan staf operasional Kementerian Luar Negeri Indonesia, yang pertaruhkan keselamatan diri dalam bertugas.

Ucapan Marty ini dilontarkannya ketika melayat jenazah mantan Dubes Indonesia untuk Pakistan Burhan Muhammad. Dubes Burhan wafat setelah dirawat akibat luka yang dideritanya, usai kecelakaan helikopter 8 Mei 2015 lalu.

"Ini menjadi tugas-tugas diplomasi betapa tidak tanpa risiko. Kadang kala kita hanya mengetahuinya saat musibah terjadi," ujar Marty, di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (19/5/2015).

"Tapi sebenarya hari demi hari banyak diplomat kita di pelosok dunia baik dubes maupun sampai tingkat operasional yang mempertaruhkan keamanan dan keselamatannya, demi kepentingan kita. Saya kira itu yang patut diapresiasi," lanjutnya.

Mengenai Dubes Burhan dan istrinya Heri Listyawati,-yang sebelumnya wafat terlebih dulu pada kecelakaan helikopter- Marty mengatakan ini merupakan insiden pertama kali terjadi.

"Sepengetahuan kami begitu. Karena ini pertama kali, dalam arti kata langsung yang berkaitan dengan pelaksanaan misi. Saya kira ini pertama kali dalam lima tahun terakhir," imbuh mantan Dubes Indonesia untuk Inggris itu.

Mengenai apa yang perlu ditambah dalam perlindungan perwakilan, Marty melihat ada hal-hal yang memang di luar kendali.

"Kita semua sudah antisipasi yang terbaik. Saya kira ada hal-hal di luar pengendalian kita," tegasnya.

Marty pun melihat perlu menganggap penting sumbangsih dari Dubes Burhan, sebagai diplomat. Baginya seluruh diplomat harus melanjutkan apa yang menjadi inspirasi Dubes Burhan dalam memberikan sumbangsih kepada negara.


(FJR)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

2 days Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA