Jadi Museum Aktif, Risma Akan Lombakan Gedung Mapolrestabes Surabaya di Urban Heritage PBB

Amaluddin    •    Rabu, 20 May 2015 08:03 WIB
tri rismaharini
Jadi Museum Aktif, Risma Akan Lombakan Gedung Mapolrestabes Surabaya di <i>Urban Heritage</i> PBB
Foto: Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini berencana merawat lonceng kuno di Mapolrestabes Surabaya ini untuk ditempatkan di museum aktif yang akan ia bangun/MTVN_Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan 'menyulap' Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Surabaya, Jawa Timur, menjadi museum aktif (organik). Tak hanya itu, Risma juga akan mengikutkan gedung kuno itu dalam lomba Urban Heritage Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
"Gedung ini sangat tua. Banyak menyimpan sejarah Kota Surabaya. Mungkin bisa menjadi museum aktif dan bisa dilombakan di PBB urban heritage, karena memang gedung ini masih bisa digunakan," kata Tri Rismaharini, usai mengikuti gelar pemusnahan narkoba di Mapolrestabes Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/5/2015).
 
Orang nomor satu di Kota Surabaya ini juga sempat memantau sudut-sudut ruang gedung zaman Belanda itu. Dia juga masuk di ruangan yang dulu ditempati polisi legenderis Jenderal Polisi (Purnawirawan) Hoegeng Imam Santoso pada tahun 1950-an saat bertugas di Surabaya. Kondisi bangunan masih tampak utuh tidak diubah. Hanya beberapa plafon yang dicat karena bocor.
 
"Wah, ini menarik. Taman Bungkul itu menang sebagai taman terbaik di Asia Tenggara karena ada makam yang masih dalam kondisi rapi," katanya.

Diketahui, gedung yang kini digunakan Polrestabes Surabaya memang berasal dari peninggalan sejarah. Bahkan di area gedung ini terdapat sebuah terowongan bawah tanah (deep tunnel). Terowongan itu bisa menuju ke Penjara Kalisosok, Surabaya. Namun terowongan dan penjara itu sudah ditutup dan tidak difungsikan.
(TTD)

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

Sidang Perdana Praperadilan Fredrich Yunadi Digelar 12 Februari

1 hour Ago

Pengadilan Jakarta Selatan sudah menetapkan jadwal sidang perdana praperadilan mantan kuasa huk…

BERITA LAINNYA