Senjata Laser akan Dipasang di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 20 May 2015 11:15 WIB
sains
Senjata Laser akan Dipasang di Stasiun Luar Angkasa Internasional
ISS memang rentan dengan berbagai benda di luar angkasa (foto: Ubergizmo)

Metrotvnews.com: Bagi sebagian orang, stasiun luar angkasa internasional (ISS) mungkin terlihat seperti tempat bekerja yang menyenangkan. Di sana, Anda memang dapat merasakan sensasi yang berbeda dengan di bumi karena tidak adanya gravitasi. Namun perlu diketahui bahwa ISS adalah salah satu tempat bekerja yang paling berbahaya. Pasalnya, jika ada sesuatu yang salah sedikit saja, hal tersebut akan dapat membahayakan semuanya. Terlebih lokasinya yang berada di orbit membuatnya sangat jauh dari rumah sakit.

Salah satu hal yang paling menakutkan saat berada di ISS adalah ketika stasiun luar angkasa tersebut harus berganti jalur orbit berkali-kali untuk menghindari berbagai sampah luar angkasa yang dapat menjebol dinding ISS secara instan. Melihat hal tersebut cukup merepotkan (dan menakutkan), para ilmuwan jepang kini sedang berusaha menciptakan sebuah senjata laser yang nantinya dapat digunakan untuk menghancurkan sampah luar angkasa yang berada di jalur orbit ISS.

Meskipun terdengar menjanjikan, namun senjata laser tersebut tidak akan dipasang di ISS dalam waktu dekat karena saat ini masih dalam tahap pengembangan. Senjata laser tersebut menggunakan teknologi laser ultraviolet CAN dengan daya 100.000 watt. Laser tersebut juga akan memiliki kecepatan tembak hingga 10.000 tembakan per-detik dengan jarak jangkau hingga 96Km. (Ubergizmo)


(ABE)