Beredar Beras Plastik, Ahok: Serahkan ke Polisi

Wanda Indana    •    Rabu, 20 May 2015 10:50 WIB
beras
Beredar Beras Plastik, Ahok: Serahkan ke Polisi
Ilustasi beras (Foto:Antara/Zabur Zaruru)

Metrotvnews.com, Jakarta: Isu beras plastik yang beredar di media massa tidak mengkhawatirkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Sebab, kasus itu sudah ditangani polisi dan Kementerian Perdagangan.
 
Ahok mengaku belum menerima laporan beredarnya beras plastik. Ahok juga tidak tahu apakah beras imitasi itu berasal dari Pasar Induk Cipinang, Jakarta Timur.
 
"Aku belum dapat laporan. Nanti aku cek. Itu polisi yang menangani, serahkan sama mereka. Masyarakat tak perlu takut dan khawatir," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (20/5/2015).
 
‎Seperti diketahui, masyarakat sempat digemparkan adanya beras plastik yang beredar di pasar-pasar tradisional.  Kasus ini pertamakali ditemukan oleh warga Bekasi, Dewi Setiani dan disampaikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bekasi.
 
‎Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan terus menelusuri asal usul beredarnya beras plastik itu. Hal ini merugikan pedagang beras dan konsumen.
 
Melihat kondisi tersebut, Kemendag meminta Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri untuk menelusuri beredarnya beras oplosan di pasaran dan memberikan sanksi pidana pada pelaku.
 
"Lebih efisien kalau penyidik Polri yang tangani, karena tak menutup kemungkinan masuknya tidak sesuai ketentuan. Berarti ada pelanggaran terhadap Undang Undang (UU) lainnya," kata Dirjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag Widodo, Selasa 19 Mei lalu.


(FZN)