19 Tahun Eksis, Navicula Berpegang pada GBHN

Agustinus Shindu Alpito    •    Rabu, 20 May 2015 11:04 WIB
navicula band
19 Tahun Eksis, Navicula Berpegang pada GBHN
Navicula (Foto:Antara/Irsan Mulyadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjadi independen bukan berarti melupakan sisi komersial. Terlebih, dalam konteks sebuah band.

Navicula paham betul akan hal itu. Selama 19 tahun konsisten di jalur independen, mereka punya pakem dalam bersikap. Pakem itu mereka sebut GBHN (Garis Besar Haluan Navicula).

Dalam pemutaran album ke-8 bertajuk Tatap Muka yang dirilis dalam format DVD di @america, Pacific Place, Jakarta, Selasa (19/5/2015), sang vokalis Robi menjelaskan mengenai tiga pedoman GBHN.

"Pertama idealisme, memainkan musik dan menyuarakan yang kita suka. Lalu yang kedua kreativitas, membuat sesuatu yang belum pernah kami buat sebelumnya, keluar dari zona nyaman," ujar Robi didampingi personel Navicula.

"Lalu yang ketiga, entrepreneurship. Jadi harus balance ketiganya. Kita enggak perlu kaya raya dari musik, tapi kita butuh beli senar juga, butuh untuk buat album, beli gitar Gibson bisa. Supaya istri enggak komplain juga," lanjut Robi, terkekeh.

Berbekal pengalaman matang baik dari segi musikalitas maupun perilaku sebagai band, Navicula menampik jika citranya sebagai band hanya untuk bersenang-senang belaka tanpa tujuan. Keseimbangan antara ketiga hal‎ itu yang mereka cari.

"Yang kita takut, kaya mendadak dan melupakan idealisme. Atau idealisme lebih, tapi melupakan entrepreneurship," tutup Robi.

Album terbaru Navicula direkam secara langsung tanpa melalui proses over dub di studio. Album berisi delapan lagu, akan dirilis untuk umum pada Jumat, 22 Mei.


(ROS)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

3 hours Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA